Disdik Bantul pantau proses PPDB online SMA

id PPDB online

Disdik Bantul pantau proses PPDB online SMA

Suasana pendaftaran calon peserta didik baru di salah satu SMK di Yogyakarta (Foto Antara/Andreas Fitri Atmoko/ags/15)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memantau proses penerimaan peserta didik baru sistem real time online tingkat sekolah menengah atas sederajat tahun ajaran 2015/2016.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Atas Dikmenof Bantul, Suhirman di Bantul, Rabu, mengatakan, pemantauan proses PPDB jenjang SMA dilakukan dengan mencermati layar yang terkoneksi dengan jaringan komputer seluruh sekolah di kantor setempat.

"Kami pantau dari sini (Kantor) selama proses PPDB tingkat SMA, jadi akan diketahui secara keseluruhan sampai berapa jumlah siswa yang masuk (mendaftar) sampai jam ini, begitu juga di setiap sekolah akan terpantau pergerakan pendaftar," katanya.

Menurut dia, jadwal PPDB dengan sistem real time online (RTO) jenjang SMA di Bantul dimulai sejak Senin (1/7) sampai Rabu (3/7) nanti. Pemantauan proses penerimaan siswa baru akan dilakukan selama 24 jam sejak hari ini hingga 3 Juli 2015.

Ia mengatakan, jumlah SMA di Bantul yang menyelenggarakan PPDB sistem RTO sebanyak 19 sekolah yang seluruhnya berstatus negeri, yang mana proses pendaftarannya bisa diakses melalui web bantulkab.siap-ppdb.com.

"Melalui sistem ini juga akan diketahui sekolah mana yang jumlah pendaftarnya tertinggi setiap saat, termasuk nilai tertinggi dan terendah, karena sistem ini otomatis selama 24 jam, setiap ada nilai tinggi juga akan menggeser di bawahnya," katanya.

Pihaknya mengaku pada hari pertama pendaftaraan SMA ini tidak ada permasalahan dalam jaringan maupun koneksi yang terkendala, sehingga sejauh ini proses PPDB berjalan lancar dan mudah-mudahan terus lancar sampai hari terakhir.

Suhirman mengatakan, kuota siswa baru tahun ajaran 2015/2016 di seluruh SMA Bantul pihaknya belum mengetahui, namun demikian secara jumlah bisa diketahui di masing-masing sekolah yang dapat diakses calon pendaftar di web yang telah disiapkan tersebut.

"Kuota siswa bisa dilihat di web. Kami juga berharap bagi pendaftar dari luar Bantul memcermati jika ingin mendaftar di Bantul, karena di sekolah-sekolah perbatasan sudah ditentukan kuota siswa luar Bantul," katanya.KR-HRI
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024