Mahasiswa UNY praktik mengajar di Malaysia

id mahasiswa uny praktik

Mahasiswa UNY praktik mengajar di Malaysia

UNY (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Sembilan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta akan menjalani praktik mengajar di Malaysia selama satu bulan, mulai 8 Agustus hingga 8 September 2015.

"Kegiatan itu merupakan bagian dari program praktik pengalaman lapangan di Malaysia yang diselenggarakan Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)," kata Wakil Dekan I FT UNY Sunaryo Soenarto di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, sembilan mahasiswa yang akan praktik mengajar di Malaysia itu mewakili program studi S-1 di FT UNY yakni Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Mesin, Otomotif, Elektro, Mekatronika, Elektronika, Boga, dan Busana.

"Program praktik mengajar di Malaysia itu terselenggara atas kerja sama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM). Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk realisasi Memorandum of Understanding (MoU) antara UNY dengan UTHM," katanya.

Ia mengatakan FT UNY berkolaborasi dengan UTHM khususnya Fakulti Pendidikan Teknikal dan Vokasional sehingga mereka yang mengkoordinasi selama pelaksanaan program tersebut di Malaysia.

"Mahasiswa kami akan mengajar selama satu bulan dengan target 12 jam per minggu. Selain itu, mereka juga kami minta untuk aktif dalam berbagai kegiatan baik akademik maupun non-akademik pada masing-masing Kolej Vokasional," katanya.

Menurut dia, sebelum diberangkatkan ke Malaysia, sembilan mahasiswa itu akan diberi pembekalan selama tiga hari. Pembekalan meliputi peningkatan kemampuan instruksional, berkomunikasi, dan `cross culture understanding`.

"Minat mahasiswa FT UNY untuk mengikuti program itu ternyata cukup tinggi sehingga kemudian peserta dipilih melalui serangkaian tes yang terdiri atas bidang akademik atau kemampuan mengajar serta tes tentang kemampuan komunikasi," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024