Dinkes Gunung Kidul temukan kolang kaling berformalin

id kolang kaling berformalin

Dinkes Gunung Kidul temukan kolang kaling berformalin

Kolang kaling (Foto Istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menemukan kolang kaling mengandung formalin saat razia di pasar-pasar tradisional.

Kepala UPT Laboratorium Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunung Kidul Nila Batika di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan setelah 33 sampel makanan yang diambil diteliti di laboratorium ada indikasi kolang kaling yang mengandung formalin.

"Dari 33 sampel makanan yang diambil, hanya kolang kaling yang dipastikan yang postif mengandung formalin," kata Nila.

Ia mengatakan pengujian ini melakukan metode semi kuantitatif colour exchange, dan diketahui kolang kaling tersebut mengandung formalin.

"Selain ditemukan berbahan formalin, ada 13 sampel makanan kadaluarsa, tiga kemasan rusak, dan satu mengandung jamur," kata dia.

Nila mengatakan pihaknya akan menyampaikan kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan ESDM (Disperindagkop-ESDM). "Untuk tindak lanjutnya kami serahkan ke Disperindagkop-ESDM," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk lebih selektif dalam membeli makanan sehingga tidak salah makanan tidak layak konsumsi. "Kami mengimbau kepada masyarakat yang membeli makanan, agar lebih teliti," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Disperindagkop-ESDM Gunung Kidul Supriyadi mengatakan pihaknya akan menindak tegas penjual yang merugikan masyarakat dengan menjual makanan tidak layak.

Ia menambahkan pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak membeli makanan yang dengan warna mencolok dengan harga murah, sehingga tidak merugikan. "Kami akan tindak tegas, agar tidak merugikan," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024