Tip Sukses Liburan bersama Teman

id wisata traveloka

Tip Sukses Liburan bersama Teman

Ilustrasi (Dokumen pribadi)

Teman adalah orang yang dapat kita andalkan pada saat senang maupun sedih. Oleh karena itu pergi liburan bersama teman merupakan hal yang menggiurkan untuk dilakukan. Anda bisa seru-seruan bersama teman ketika pergi liburan bersama. Namun, salah tindakan dapat membuat liburan bersama teman menjadi malapetaka. Berikut 9 tips sukses liburan bersama teman:

1. Koper atau Ransel
Sebelum menyusun rencana perjalanan, pastikan apakah liburan akan dilakukan dengan gaya koper atau gaya ransel. Hal ini sangat penting dan harus masuk daftar top priority karena setiap keputusan mengenai liburan akan dipengaruhi oleh gaya liburan Anda.

2. Itenerary
Itenerary atau rencana perjalanan adalah hal yang perlu dibuat sebelum memulai liburan. Ketika membuat itinerary sebaiknya Anda membuat catatan mengenai tempat-tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Sesudah memutuskan tempat-tempat yang ingin dikunjungi, maka Anda atur susunan dan waktunya. Jika hal tersebut tidak diatur sejak awal maka Anda akan kelimpungan ketika sampai di kota tujuan dan akan ada banyak waktu yang terbuang hanya untuk berdiskusi mau pergi kemana dahulu.

3. Budget
Itenerary yang telah dibuat akan menjadi acuan berapa budget yang Anda butuhkan. Jangan sampai selama liburan Anda merepotkan teman dengan meminjam uang mereka. Jika selama liburan Anda harus membawa uang dalam jumlah yang banyak, sebaiknya uang tersebut disimpan di tempat yang berbeda-beda, untuk menghindari copet.

4. Ketua Perjalanan
Jika pergi liburan berkelompok maka Anda membutuhkan ketua perjalanan yang akan memimpin kelompok Anda selama liburan berlangsung. Ketua perjalanan akan memudahkan Anda berkoordinasi selama perencanaan dan perjalanan. Ketua perjalanan juga bertanggungjawab atas hal-hal yang sudah direncanakan. Adanya ketua perjalanan dapat membantu Anda ketika pengambilan keputusan, jikalau terdapat dilema mendadak ketika liburan berlangsung.

5. Pembagian Tanggung Jawab
Walaupun sudah memiliki ketua perjalanan, pembagian tanggung jawab adalah langkah untuk mencegah konflik selama liburan. Pembagian tanggung jawab dapat berupa pembelian tiket pesawat/kereta/bus, mencari hotel, mencari tempat-tempat makan dsb. Dilakukannya pembagian tanggung jawab membuat liburan menjadi tanggung jawab bersama, sehingga tidak ada satu orang yang kerepotan sendiri menyusun segala pernak-pernik liburan.

6. Tempat menginap
Berlibur bersama teman artinya Anda akan jauh dari orangtua. Setiap rinci perjalanan perlu dipikirkan matang-matang. Salahsatunya adalah tempat Anda bermalam. Pastikan Anda sudah memiliki daftar-daftar hotel atau guest house yang ada di kota tujuan Anda. Misalnya Anda pergi berlibur ke Thailand, akan lebih baik jika Anda telah memiliki catatan hotel murah di Thailand. Mencari info dan booking hotel sejak awal via Traveloka.com, dapat memberikan Anda keuntungan lebih, mendapatkan potongan harga misalnya. 

7. Izin Orangtua
Jika Anda masih berada dalam pengawasan orangtua, sebaiknya Anda meminta izin terlebih dahulu. Pastikan pula bahwa teman-teman Anda telah mendapatkan izin dari orangtua. Jangan sampai recana liburan Anda gagal tiba-tiba karena terdapat teman yang tidak diizinkan oleh orang tuanya.

8. Berbagi barang
Khususnya untuk Anda yang memilih gaya liburan ransel, maka berbagi barang merupakan hal yang memudahkan liburan Anda. Barang-barang yang bisa dibagi misalnya sabun, sampo, snack, air mineral,  dan obat-obatan. Berbagi disini maksudnya adalah ketika teman Anda sudah membawa sabun, Anda membawa barang lain, contohnya sampo, dan tidak perlu membawa sabun lagi. Hal tersebut dapat menghemat ruang tas Anda.

9. Kompromi
Selama liburan berlangsung ego masing-masing harus ditekan. Sukses atau gagalnya liburan bersama teman tergantung pada sikap selama liburan berlangsung. Jangan manja, jangan mau menang sendiri, harus saling menghormati pendapat dan kepentingan masing-masing.