Pasangan independen Benyamin-mustangid lolos verifikasi faktual

id Pilkada Gunung Kidul

Pasangan independen Benyamin-mustangid lolos verifikasi faktual

Pilkada (istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan pasangan independen Benyamin Sudarmadi dan Mustangid lolos verifikasi faktual dalam Pemilihan Kepala Daerah 2015.

"Keputusan ini sesuai dengan rapat pleno rekapitulasi dukungan di kantor KPU Gunung Kidul," kata Ketua KPU Gunung Kidul Zaenuri Ikhsan di Gunung Kidul, Selasa.

Ia mengatakan pasangan tersebut memiliki dukungan sebanyak 59.602 KTP, melebihi batas minimal dukungan calon independen sebanyak 56.209 KTP.

"Mereka menyampaikan dukungan sebanyak 65.419 suara. Petugas Panitia Pemungutan Suara ( PPK) langsung melakukan verifikasi secara faktual ke lapangan, yang lolos sekitar 59.602 dukungan," kata dia.

Ia mengatakan sebanyak 5.817 dinyatakan gugur oleh petugas PPS. Gugurnya dukungan dari warga karena sedang berada di luar kota saat diverifikasi, warga berada di rumah namun petugas tidak bisa bertemu secara langsung hingga warga memang tidak mendukung.

Zaenuri mengatakan setelah selesai ini, pasangan ini akan melanjutkan tahapan selanjutnya, pendaftaran pasangan calon yang akan dibuka mulai 26 hingga 28 Juli.

"Pendaftaran calon independen sama dengan partai politik," katanya.

Rapat pleno di kantor KPU dihadiri oleh Bawaslu, Panwaslu, perwakilan dari KPU DIY petugas PPK serta tim penghubung pasangan Benyamin dan Mustangid.

Salah satu tim penghubung pasangan Benyamin-Mustangid, Adam mengatakan gugurnya dukungan sebanyak 5.817 dukungan karena sedang tidak ada di rumah dan beberapa faktor lainnya. Namun pada dasarnya mendukung pasangan ini.

Ia mengatakan setelah dinyatakan lolos verifikasi, pihaknya akan mempersiapkan melakukan konsolidasi internal untuk memperkuat dukungaan untuk menyambut Pilkada 2015.

"Untuk pendaftarannya kan kita belum tahu, kita rapat dahulu," kata Adam.


(KR-STR)