Lebaran - Disbudpar prediksi kawasan pantai akan dipadati pengunjung

id pantai gunung kidul

Sejumlah pantai di Kabupaten Gunung Kidul, DIY, dipadati pengunjung saat musim liburan. Tingginya pengunjung, karena keindahan pantai dengan pasir putih. (Foto ANTARA/Mamiek)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprediksi kawasan pantai akan dipadati pengunjung sehingga keungkinan akan menyebabkan kemacetan arus lalu lintas.

"Kemungkinan akan terjadi kemacetan. Antisipasi sudah kami lakukan bersama dengan polisi dan SKPD lain. Dengan berbagai upaya diharapkan permasalahan wisata pantai termasuk terjadinya kemacetan bisa dikurangi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunung Kidul Saryanto di Gunung Kidul, Rabu.

Ia mengatakan berbagai upaya untuk mengatasi masalah ini di antaranya, jalur antara kedatangan dan kepulangan wisatawan, dibuat berbeda.

"Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan wisatawan di jalan," kata dia.

Saryanto mengatakan kawasan Pantai Baron meliputi Sundak, Krakal, dan Drini merupakan satu jalur menuju Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti, yang diduga kuat akan menyedot wisatawan dalam jumlah banyak. Upaya lain atasi kemacetan dengan mengatur parkir, termasuk larangan parkir di badan jalan dan tikungan.

"Kalau terpaksa parkir di tikungan atau badan jalan, sopirnya harus menunggui mobilnya. Ini penting kalau petugas mengendaki pindah, segera diatasi tanpa harus menunggu sopir," katanya.

Selain itu, kata dia, Disbudpar juga mendorong wisatawan untuk menjajal wahana wisata alam seperti susur gua dan juga desa wisata di Gunung Kidul.

"Masih ada desa wisata seperti Gua Pindul, Kali Suci, Jlamprong, Gunung Api Purba Nglanggeran sebagai alternatif wisata yang tetap menarik," kata dia.

Bupati Gunung Kidul Badingah menjamin semua tempat objek widsata, termasuk pantai, aman untuk dikunjungi.

"Meski beberapa waktu lalu bukit Pantai Sadranan longsor, tetapi itu merupakan bencana. Sekarang ini semua objek wisata termasuk pantai aman untuk dikunjungi. Wisatawan tidak usah khawatir keselamatan, asal mentaati aturan yang ada," katanya.***1***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar