Kemnag Bantul inventarisasi tempat shalat Ied

id kemnag bantul inventarisasi

Kemnag Bantul inventarisasi tempat shalat Ied

Ilustrasi (Foto Antara)

Bantul (Antara Jogja) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menginventarisasi tempat shalat Idul Fitri 1436 Hijriah untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

"Kami menginventarisasi tempat shalat Idul Fitri di lapangan maupun di masjid se Kabupaten Bantul, beserta perkiraan jumlah jamaah dan imam serta khatibnya," kata Kepala Kantor Kemnag Bantul Abdul Madjid di Bantul, Rabu.

Menurut dia, secara pasti berapa jumlah lokasi shalat Ied di Bantul, pihaknya belum mengetahui, karena masih menghimpun data dari para pengurus masjid maupun Panitia Hari Besar Islam (PHBI).

Ia mengatakan pihaknya belum bisa memastikan apakah penyelenggaraan shalat ied yang ditetapkan pemerintah bersamaan waktunya dengan yang dilaksanakan Muhammadiyah yang telah menetapkan 1 Syawal jatuh pada Jumat 17 Juli 2015.

"Untuk mengakomodasi berbagai keyakinan dan pedoman seluruh komponen umat Islam, kami menunggu hasil sidang isbat yang dilakukan pemerintah pusat pada Kamis 16 Juli di Jakarta," katanya.

Pihaknya berharap sesama umat Muslim saling bekerja sama dengan berbagai pihak serta menjaga ketentraman, kerukunan dan kebersamaan umat, jika nantinya ada atau tidak ada perbedaan dalam menetapkan 1 Syawal.

"Kami juga mengajak kepada seluruh tokoh agama, para mubaligh, khatib untuk tidak melakukan provokasi yang mengakibatkan keretakan dan gesekan antarumat," katanya.

Abdul Madjid mengatakan selama Ramadhan ini pihaknya juga memberikan bimbingan masyarakat untuk menjaga kerukunan beragama dengan sarasehan bagi tokoh agama, pemuda lintas agama, kemudian koordinasi dengan tokoh agama terkait dengan radikalisme Islam.

"Kami juga melakukan pembinaan terhadap produk hukum keagamaan bagi masyarakat, utamanya sosialisasi produk halal baik makanan dan komestik," kataya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar