Lebaran - Taman Pintar dipadati 6.000 pengunjung per hari

id taman pintar yogyakarta

Lebaran - Taman Pintar dipadati 6.000 pengunjung per hari

Taman Pintar Yogyakarta (Foto Antara/Dok)

Yogyakarta,  (Antara Jogja) - Tempat wisata dan edukasi yang sudah menjadi ikon wisata di Kota Yogyakarta, Taman Pintar, rata-rata dipadati 6.000 wisatawan per hari selama libur Lebaran sejak Sabtu (18/7).

"Jumlah wisatawan yang berkunjung sudah melebihi kapasitas Taman Pintar yaitu sekitar 3.000 orang per hari karena luas Taman Pintar hanya terbatas sekitar 1,2 hektare," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Yunianto Dwi Sutono di Yogyakarta, Selasa.

Meskipun jumlah pengunjung membludak, namun Yunianto memastikan bahwa pihaknya tetap berupaya menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung selama berada di lokasi wisata tersebut.

Langkah yang dilakukan pengelola Taman Pintar adalah menambah jumlah pemandu dari 60 menjadi 88 orang serta memaksimalkan peran tenaga keamanan untuk membantu pengunjung.

Ia menyebut, 50 wahana yang ada di taman tersebut semuanya ramai dikunjungi wisatawan bahkan di beberapa wahana terjadi antrean seperti wahana bahari, batik dan gerabah.

"Pengunjung saat libur Lebaran didominasi oleh rombongan keluarga dan bukan dari rombongan siswa sekolah," katanya.

Ia memperkirakan kepadatan di Taman Pintar akan berlangsung hingga Minggu (26/7) karena keesokan harinya pelajar sudah kembali masuk sekolah dan banyak pegawai yang kembali bekerja.

"Total wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar selama libur Lebaran diperkirakan bisa mencapai lebih dari 50.000 orang," katanya.

Hingga pertengahan tahun, sudah ada sekitar 400.000 wisatawan yang berkunjung ke Taman Pintar dan ditargetkan hingga akhir tahun bisa mencapai satu juta pengunjung seperti tahun lalu.

"Taman ini sudah tidak mungkin bisa dikembangkan lagi luasnya sehingga kami tidak mengejar kenaikan jumlah pengunjung namun peningkatan kualitas layanan," katanya yang akan rutin memperbarui berbagai wahana yang ada.***1***

(E013)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024