PDAM Tirtamarta: stok air cukup untuk kemarau

id pdam

PDAM Tirtamarta: stok air cukup untuk kemarau

PDAM (istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirtamarta Yogyakarta menyatakan mampu memenuhi kebutuhan air untuk semua pelanggan meskipun saat ini memasuki musim kemarau.

"Sampai saat ini, kami belum menerima keluhan dari pelanggan yang mengatakan kekurangan air. Artinya, air dari PDAM mengalir 24 jam sehari ke pelanggan di seluruh wilayah," kata Direktur Utama PDAM Tirtamarta Yogyakarta Dwi Agus Triwidodo di sela peringatan ulang tahun ke-46 PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Senin.

Meskipun demikian, ia tidak menampik jika ada beberapa pelanggan yang mengeluh aliran air di rumahnya tidak lancar.

"Mungkin saja hal itu disebabkan aliran listrik di lokasi tersebut sedang mati," katanya.

Pada puncak musim kemarau yang diperkirakan terjadi pada September, Dwi Agus memastikan bahwa PDAM sudah memiliki stok air yang cukup guna memenuhi kebutuhan sekitar 33.700 pelanggan.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengingatkan perusahaan daerah tersebut untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan menyediakan air bersih yang berkualitas, merata serta terjangkau.

"Pelayanan terbaik kepada masyarakat harus menjadi tujuan utama karena penyediaan air bersih menjadi bagian tidak terpisahkan dari keberhasilan pembangunan di Kota Yogyakarta," kata Haryadi.

Haryadi menyebut, ketersediaan air bersih yang memenuhi standar akan berpengaruh pada kualitas atau derajat kesehatan warga Kota Yogyakarta.

"Artinya, ketersediaan air bersih sangat penting dan harus dipenuhi," katanya.

Haryadi juga meminta PDAM Tirtamarta bisa bersikap terbuka terhadap semua kritik dan masukan dari masyarakat selaku pelanggan dan memberikan tanggapan cepat atas kritik dan saran yang masuk.

"Selama musim kemarau, PDAM harus bersiap-siap menghadapi kemungkinan terjadinya kekeringan di wilyah Kota Yogyakarta. Siapkan tim khusus untuk menghadapi potensi bencana itu," katanya.

Jika di Kota Yogyakarta tidak terjadi bencana kekeringan, lanjut Haryadi, maka air yang sudah disiapkan bisa digunakan untuk membantu daerah lain yang mengalami kekeringan. ***4***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024