Pameran kerajinan Bantul Ekspo dikunjungi 70.000 orang

id bantul

Pameran kerajinan Bantul Ekspo dikunjungi 70.000 orang

ilustrasi (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperkirakan sekitar 70.000 orang telah mengunjungi pameran kerajinan bertajuk `Bantul Ekspo` yang digelar di kompleks Pasar Seni Gabusan, pada 26 Juli-5 Agustus 2015.

"Kami bersyukur even Bantul Ekspo mendapat sambutan meriah dari masyarakat, dan diperkirakan telah dikunjungi sekitar 70.000 orang selama sebelas hari," kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Bantul, Andy Sulistyo di Bantul, Kamis.

Andy yang juga Ketua Panitia Bantul Ekspo 2015 mengatakan, pengunjung pameran hasil pembangunan dan kerajinan khas daerah tersebut mayoritas merupakan warga Bantul, serta sebagian dari luar, misalnya dari Yogyakarta dan sekitarnya.

Ia mengatakan, even tahunan dalam rangka peringatan Hari Jadi Bantul tersebut memang selalu menjadi daya tarik pengunjung maupun pelaku usaha untuk mempromosikan produk unggulan masing-masing.

"Dari tahun ke tahun jumlah pengunjung ada peningkatan, meskipun tidak bisa dihitung secara pasti karena pintu masuknya tidak hanya satu, namun secara estimasi tahun ini lebih banyak, karena tiap hari selalu dipenuhi pengunjung," katanya.

Ia mengatakan, peningkatan kunjungan ke Bantul Ekspo tersebut didukung dengan bertambahnya jumlah stan yang disiapkan panitia penyelenggara dibanding tahun lalu karena menyesuaikan dengan minat peserta.

"Keberhasilan Bantul Ekspo tahun ini, jumlah pengunjung meningkat, jumlah sponsor dari berbagai BUMN meningkat, sedangkan jumlah stan ada sekitar 250 stan dari sebelumnya (2014) hanya sekitar 200 stan," katanya.

Sementara itu, ditanya terkait perputaran uang selama perayaan Bantul Ekspo, ia mengatakan, pihaknya kesulitan untuk melakukan pendataan mengingat mayoritas pedagang dan pemilik stan enggan melaporkan transaksinya.

"Kalau nilai transaksi, bagaimana kami mendatanya, kan sulit, sehingga kami serahkan ke peserta masing-masing, namun kami bersyukur dengan banyaknya pengunjung dan minat peserta yang tinggi," katanya.

KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024