Pemkab diminta perbaiki tanggul SD Samigaluh

id tanggul jebol

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Sekolah Dasar Negeri I Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta pemerintah memperbaiki tanggul yang ambrol karena mengancam perpustaaan dan beberapa ruang kelas.

Kepala SD Negeri I Samigaluh Tri Rahayu di Kulon Progo, Kamis, mengatakan tanggul penyangga sekolahnya ambrol saat terjadi hujan deras pada 14 Februari.

"Kondisi ini membahayakan siswa mengingat ambrolnya tanggul tepat berada di jalan masuk sekolah yang dilewati siswa saat pergi dan pulang sekolah," kata Tri Rahayu.

Ia mengatakan pihaknya sudah melaporkan ambrolnya tanggul sekolah ke Dinas Pendidikan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan mengadu ke DPRD secara lisan dan tertulis. Namun hingga kini, belum ada tindakan apa-apa dari pemerintah. Padahal, petugas juga sudah meninjau lokasi kejadian, sesaat setelah menerima laporan.

"Kami sangat bingungm apakah harus membuat proposal pengajuan bantuan atau bagaimana. Kami akan konsultasi ke Dinas Pendidikan," katanya.

Sementara itu, guru SD Negeri 1 Samigaluh Eni Sudiyatmi berharap tanggul penyangga bangunan sekolah yang menampung 107 murid tersebut bisa segera diperbaiki.

Ia mengatakan sekolah tidak tidak mampu karena tidak memiliki biaya. Sekolah baru saja selesai memperbaiki jalan masuk dan menghabiskan banyak dana.

"Kami berharap, perbaikan tanggul bisa dilakukan sebelum musim hujan. Kami khawatir kerusakan tanggul semakin parah jika terguyur hujan deras hingga berdampak pada longsornya bangunan sekolah," katanya.***4***

(KR-STR)