Distan DIY beri pelatihan pemotongan hewan kurban

id dinas pertanian DIY

Distan DIY beri pelatihan pemotongan hewan kurban

Dinas Keluatan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Kulon Progo, DIY, melakukan pemeriksaan hewan kurban di tempat penampungan hewan. Hal ini, untuk mengantisipasi jual-beli hewan kurban yang kurang sehat. (Foto Mamiek/Antara)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan pelatihan pemotongan hewan kurban kepada pengurus masjid di lima kabupaten daerah itu, agar daging kurban yang dihasilkan sehat dan halal.

"Para pengurus masjid akan kami latih agar dalam pemotongan, daging hewan kurban bersih dari penyakit, aman, asuh, utuh, dan halal," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sutarno di Yogyakarta, Minggu.

Menurut Sutarno, dalam pelatihan itu akan mencakup cara memotong hewan kurban yang tepat serta bagaimana cara mencucinya.

"Selain cara pemotongan yang tepat, kami sosialisasikan bagaimana cara pencucian hewan kurban yang baik dan sehat," kata dia.

Selain menyelenggarakan pelatihan terhadap 200 petugas atau pengurus masjid dengan jumlah telah ditentukan, pihaknya juga siap memberikan pelatihan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ia mengatakan, untuk memastikan kesehatan hewan kurban, Distan DIY juga mengimbau agar sapi yang akan disembelih memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

Menurut dia, pengecekan kesehatan hewan tetap perlu dilakukan sedini mungkin untuk menghindarkan kemungkinan hewan mengidap Anthrax serta cacing hati.

"Meski hingga saat ini memang kami belum menemukan sapi yang terindikasi memiliki penyakit Anthrax," kata dia.

Ia mengatakan populasi keseluruhan jenis sapi, baik jantan maupun betina, di DIY saat ini mencapai 322.750 ekor, meningkat daripada 2014 yang tercatat 302.011 ekor, sedangkan untuk persediaan sapi jantan siap potong pada 2015 mencapai 60 ribu ekor.

Dengan persediaan itu, menurut Sutarno, akan mampu mencukupi kebutuhan sapi sebagai hewan kurban pada Idul Adha di DIY yang diperkirakan bakal mencapai 25.000 ekor sapi.



(T.L007)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024