Realisasi PBB Kulon Progo 93,7 persen

id pajak bumi dan bangunan

Realisasi PBB Kulon Progo 93,7 persen

Ilustrasi, Pelayanan Pajak Bumi Bangunan (Foto Antara/Sidik)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Realisasi pajak bumi dan bangunan (PBB) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencapai 93,7 persen atau Rp10,779 miliar dari target Rp11,6 miliar pada 2015.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Kulon Progo, Rudiyatno, di Kulon Progo, Senin, mengatakan hingga saat ini, pihaknya terus menjemput bola supaya terealisasi 100 persen hingga 30 September.

"Kami optimistis target PBB hingga 30 September akan terealisasi. Pendapatan PBB setiap tahun meningkat, bahkan tingkat ketaatan masyarakat membayar pajak sangat tinggi dibandingkan kabupaten/kota di DIY per Agustus," kata Rudiyatno.

Ia mengatakan, dari 12 kecamatan yang paling tinggi dalam capaian realisasi PBB-nya yakni Kecamatan Lendah sebesar 75,88 persen.

"Kami mengharapkan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa proaktif dalam melalukan pendekatan kepada masyarakat supaya membayar pajak tepat waktu," katanya.

Rudi mengatakan pendapatan PBB dari masyarakat akan dikembalikan untuk pembangunan. Untuk itu, pihaknya berharap masyarakat membayar sebelum batas akhir pembayaran.

"Pendapatan PBB segera direalisasikan untuk belanja, sehingga kalau pembayaran PBB mundur, pembangunan juga mundur," katanya.

Anggota Fraksi PAN DPRD Kulon Progo Priyo Santoso meminta Pemkab mengoptimalkan pendapatan, di luar PBB. Menurutnya, Pemkab hanya mengandalkan PBB untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Meski ada pendaerahan PBB, Pemkab harus menciptakan terobosan baru sumber pendapatan asli daerah. Sehingga, tidak hanya menggantungkannya dari PBB," katanya.***3***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024