Siswa SD mengikuti lomba lukis ikan

id gemar makan ikan

Sleman, (Antara Jogja) - Sebanyak 200 siswa sekolah dasar di 17 kecamatan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengikuti lomba lukis di area Kelompok Petani Ikan "Mina Taruna" Garongan, Wonokerto, Turi, Selasa.

"Lomba lukis ini dimaksudkan untuk menggali potensi anak sekolah dasar (SD) melalui seni dan budaya, menumbuhkan sikap peduli seni dan budaya bangsa, memperkenalkan ikan sejak usia dini, dan mengetahui manfaatnya untuk kesehatan dan kecerdasan," kata Sekretaris Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Sleman Dwi Anta Suidibya.

Menurut dia, kegiatan yang sengaja dilaksanakan di area perikanan tersebut juga dimaksudkan untuk pengenalan produk hasil perikanan kepada masyarakat luas.

"Selain anak-anak siswa SD, sasaran dari pengenalan ini adalah orang tua siswa atau wali murid," katanya.

Ia mengatakan, lomba terbagi dalam dua kategori yaitu kategori A untuk siswa SD kelas I hingga kelas III, kategori B untuk siswa kelas IV hingga kelas VI.

"Bertindak sebagai juri dalam lomba lukis tersebut dari P4TK Seni dan Budaya Yogyakarta," katanya.

Anta mengatakan, masing-masing kategori mendapatkan hariah berupa juara I mendapat tropi Bupati Sleman dan satu buah sepeda lipat, juara II tropi Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman dan satu buah sepeda MTB, juara III tropi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan satu buah meja belajar.

"Sedang kategori B juara I mendapat tropi Bupati Sleman dan satu buah sepeda lipat, juara II tropi Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman dan satu buah sepada MTB, dan juara III Tropi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan satu buah meja belajar," katanya.

Ia mengatakan, lomba lukis tersebut lomba lukis untuk tingkat SD tersebut sebagai salah satu upaya dalam mengkampanyekan gemar makan ikan.

"Disamping itu juga untuk mengembangkan bakat di bidang seni dan budaya bagi anak-anak sejah usia dini, karena dengan bakat tersebut bisa menjadi faktor keberhasilan dimasa datang," katanya.

Setelah melalui penjurian maka untuk lomba lukis tingkat SD Kategori A juara I Labdawara Nirbana dari SD Suryo III Sleman, Juara II Afifah Zahrani SD Klenggung Tempel, Juara III Maulana Farel Neal dari SDN Sleman I, sedang kategori B sebagai juara I Mifka Alivia D dari SDN Klenggung Tempel, juara II Laila Farha Paini dari SD Muhammadiyah Kronggahan, Gamping dan Juara III Amelia Syahla A dari SDN Bener Gamping.***1***

(V001)

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2024