Arpusda Yogyakarta butuh tambahan armada "Mulan Jamila"

id perpustakaan

Arpusda Yogyakarta butuh tambahan armada "Mulan Jamila"

ilustrasi(Foto ANTARA)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta membutuhkan tambahan armada guna mendukung operasional layanan "Mulan Jamila" atau peminjaman buku dengan diantar langsung ke pemustaka.

"Setidaknya ada tambahan satu sepeda motor untuk mendukung layanan ini. Kami sudah sampaikan permohonan, namun belum dipenuhi," kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Rabu.

Meskipun belum memiliki armada khusus untuk mengantarkan buku ke pemustaka, Kantor Arsip dan Perpustakan Daerah tetap melakukan "soft launching" inovasi layanan tersebut pada pekan ini.

Evaluasi terhadap layanan tersebut, katanya, akan dilakukan dua pekan kemudian guna mengetahui kekurangan layanan dan langkah yang harus dilakukan agar layanan tersebut bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Kami yakin pasti ada banyak kekurangan. Namun, komitmen kami adalah terus memperbaiki layanan sehingga pemustaka bisa memperoleh manfaat dari layanan yang kami berikan," katanya.

Masyarakat yang ingin mengakses layanan peminjaman buku dengan cara diantar langsung ke peminjam tersebut harus terdaftar sebagai anggota Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta.

Peminjam bisa mengakses layanan tersebut melalui pesan singkat telepon selular atau melalui surat elektronik ke perpustakaan dengan memberikan keterangan jelas mulai dari nama pemustaka, judul buku yang akan dipinjam, dan lokasi pengantaran.

Pemustaka yang menyampaikan permohonan sebelum pukul 12.00 WIB bisa langsung memperoleh buku yang hendak dipinjam pada hari itu juga karena buku akan diantar pada pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

"Jika permohonan baru masuk pada siang hari maka dimungkinkan buku baru diantar hari berikutnya," katanya.

Pengantaran bisa dilakukan di lokasi yang sudah disepakati bersama antara petugas dan pemustaka atau langsung ke rumah pemustaka.

"Oleh karena itu, kami berharap bisa memperoleh tambahan sepeda motor agar bisa mengakses jalan-jalan yang sempit," katanya.

Buku yang sudah dipinjam harus dikembalikan sendiri oleh pemustaka ke Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta.

Saat ini, Perpustakaan Kota Yogyakarta memiliki sekitar 19.000 judul buku dengan 28.000 eksemplar.



(E013)



Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar