Pemkab Gunung Kidul terima pemberitahuan perubahan JJLS

id Pemkab Gunung Kidul terima pemberitahuan perubahan JJLS

Pemkab Gunung Kidul terima pemberitahuan perubahan JJLS

Kantor Pemkab Gunung Kidul (antarayogya)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah menerima pemberitahuan tentang perubahan Jalur Jalan Lintas Selatan dengan pengalihan tiga titik.

Penjabat Bupati Gunung Kidul Budi Antono di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan perubahan ini diketahui melalui rencana detail teknis (DED). "Satu jalur yang dialihkan yakni sekitar Baron," katanya.

Budi mengatakan usulan mengubah jalur ini berasal dari Pemerintah Gunung Kidul kepada Balai Jalan Nasional. Usulan perubahan baru sekarang ini disetuji.

"DED-nya sudah jadi, dan pengusulannya sejak beberapa waktu lalu," katanya.

Menurut dia, perubahan ini untuk mendukung program pengembangan pariwisata. Sehingga jalur ke wilayah pantai bisa tertata dengan baik.

"Jalur wisata agar tidak kacau kedepannya," kata Budi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunung Kidul Edy Praptono mengungkapkan jalur yang dialihkan adalah titik Planjan-Tepus. Pemindahan ini untuk menghindari TPR wisata. Selain itu jalur Tepus-Jepitu. Jalur ini untuk menghindari kerawanan padat penduduk.

Kemudian, Jalur Jeruk Wudel-Duwet. Jalur ini dirasionalisasi agar lebih dekat. "Untuk jalur Planjan-Tepus, perubahan mulai jarak satu kilometer sebelum Baron akan dialihkan langsung menuju Tepus," katanya.

Menurut dia, upaya mengalihkan jalur JJLS ini adalah untuk menghindari kemacetan di areal wisata. Kalau tetap sesuai dengan jalur lama, maka dikhawatirkan akan terjadi kemacetan kerana jalur tersebut menghubungkan antarwilayah Jateng, Jatim dan DIY.

"Apalagi bila bandara Kulon Progo beroperasi, maka rawan kemacetan," katanya.



(U.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar