Menko Puan: tiga tari Bali diakui UNESCO

id puan

Menko Puan: tiga tari Bali diakui UNESCO

Puan Maharani (antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan bahwa sebanyak tiga golongan tari tradisi Bali di akui oleh Badan PBB yang membidangi Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan.

"Tiga golongan tari tradisi Bali telah ditetapkan masuk Daftar Representatif Budaya Tak Benda Warisan Manusia," kata Puan Maharani di Jakarta, Senin.

Keputusan tersebut, kata dia, diambil oleh 24 Negara Anggota Komite Antar-Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Tak Benda UNESCO (Intergovernmental Committee for Safeguarding the Intangible Cultural Heritage UNESCO).

Menko PMK Puan Maharani memberi apresiasi nominasi tersebut sebagai salah satu prestasi bangsa Indonesia.

Puan mengatakan bahwa budaya seperti Tari Tradisi Bali yang sarat akan nilai moral dan keagamaan dapat dimanfaatkan sebagai media untuk melaksanakan program revolusi mental.

Dia berharap momentum tersebut dapat menjadi pendorong semangat masyarakat untuk lebih membawa harum nama bangsa Indonesia di kancah internasional.

Puan juga mengharapkan penetapan tari tradisi Bali itu mendorong semangat untuk lebih mencintai dan melestarikan seluruh budaya tradisi Indonesia.

W004
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024