Kodim 0731 bantu cetak sawah 34 hektare

id Cetak sawah baru

Kulon Progo (Antara Jogja) - Komando Distrik Militer 0731 Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membantu Dinas Pertanian dan Kehutanan setempat mencetak sawah baru seluas 34 hektare di Dusun Donomerto, Kecamatan Nanggulan.

"Cetak sawah baru seluas 34 hektare ditargetkan selesai 17 Desember. Tapi lahan yang siap ditanami padi dalam waktu dekat seluas 12 hektare," kata Dandim 0731 Kulon Progo Letkol Cornellis Rompas didamping Danramil Nanggulan Kapten Infantri Sukamto di Kulon Progo, Jumat.

Ia mengatakan kendala utama dalam mencetak sawah baru ada bebatuan yang besar dan susah diangkat. Sehingga membutuhkan alat berat lebih dari satu unit.

"Untuk cetak lahan 34 hektare ini, kami menggunakan enam alat berat untuk mengangkat batu-batu besar. Sehingga, dari targat cetak sawah di Donomerto 34 hektare, 31 hektarenya sudah bersih dari pohon-pohon dan batu-batu besar. Sekarang tinggal, membuat petak-petak sawah," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan identifikasi dari data pemerintah Desa Donomulyo, potensi cetak sawah baru dapat ditambah 50 hektare lagi. Namun, cetak sawah baru terkendala jaringan irigasi.

Menurut dia, poin penting cetak sawah baru adalah pembangunan irigasi. Kelompok Tani Sri Makmur sudah mengajukan mengajukan permohonan pembangunan irigasi sepanjang 700 meter.

"Kalau irigasi ini dibangun, masih ada 50 hektare yang siap dicetak sawah baru. Kami siap membantu Pemkab Kulon Progo dalam mewujudkan swadaya pangan, terutama beras di Kulon Progo," katanya.

Anggota Kelompok Tani Sri Makmur Sujadi mengatakan program cetak sawah baru membutuhkan air yang masuk ke sawah baru sepanjang 700 meter.

"Untuk lahan sawah seluas 25 hektare yang padinya dipanen hari ini membutuhkan saluran air seluas 500 meter. Kami mohon pemerintah membangun saluran irigasi demi peningkatan produksi padi di Kecamatan Nanggulan," katanya.

(KR-STR)