Bantul siapkan bonus peraih medali Porda

id bonus atlet

Bantul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan bonus bagi atlet berprestasi dari daerah ini yang meraih medali dalam Pekan Olahraga Daerah DIY 2015 untuk diberikan pada Januari 2016.

"Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan seluruh masyarakat Bantul, Pemkab Bantul telah menyiapkan bonus bagi atlet berprestasi yang akan diserahkan pada 2016," kata Penjabat Bupati Bantul Sigit Sapto Raharjo saat pembubaran kontingen Bantul pada Porda DIY di Bantul, Senin.

Menurut dia, bonus diberikan bagi atlet kontingen Bantul peraih medali dalam Porda DIY karena mereka mampu menunjukkan prestasi terbaiknya, dan bahkan menjadi Juara Umum dengan perolehan medali emas terbanyak yakni 126 emas, 105 perak dan 132 perunggu.

Ia mengatakan, bonus bagi peraih medali tidak hanya diberikan kepada atlet perorangan namun kepada atlet secera beregu dengan besaran bonus berbeda, begitu juga peraih medali emas dengan perak juga berbeda yakni pada kisaran Rp5 juta sampai Rp10 juta.

"Jangan dipandang nilai nominalnya, akan tetapi lihatlah sebagai pemicu semangat untuk berprestasi lagi. Kami harap bagi mereka (atlet) yang masih melanjutkan pendidikan di sekolah bisa melanjutkan sekolah," katanya.

Sigit mengatakan, bonus bagi atlet peraih medali diiberikan pada 2016 karena dananya tidak bisa diusulkan secara mendadak, sehingga diusulkan pada tahun anggaran 2016, bahkan bonus juga akan diberikan kepada atlet Bantul yang lolos pekan olahraga nasional (PON) mendatang.

"Bonus ini hanya sebagai tali asih serta sebagai dukungan bagi para atlet agar lebih giat berlatih lagi menghadapi Porda 2017, yang mana Bantul akan menjadi tuan rumah. Untuk itu para pembina dan pelatih dapat mempersiapkan para atlet untuk menjadi juara umum lagi," katanya.

Sementara itu, dalam sambutan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bantul Subandrio, yang dibacakan Ketua III Bejo Utomo mengatakan, pembubaran kontingen Porda Bantul 2015 dihadiri kru beserta para atlet yang berjumlah 975 orang beserta sejumlah pimpinan SKPD terkait.

"Dengan prestasi yang menjadi Juara Umum dalam Porda ke 13 Tahun 2015 ini, semoga masyarakat Bantul termotivasi atas prestasi para atlet yang gigih berjuang demi merebut juara dengan membawa harum nama Bantul di ajang Porda DIY tersebut," katanya.

(KR-HRI)