Barata tumbuhkan patriotisme dan nasionalisme Pramuka

id pramuka

Barata tumbuhkan patriotisme dan nasionalisme Pramuka

Pramuka (dok istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Pengembaraan akhir tahun, kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir cabang Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan sarana menumbuhkan patriotisme dan nasionalisme, kata Kepala Dinas Pendidikan setempat Arif Haryono.

"Pengembaraan akhir tahun atau Barata merupakan agenda tahunan pada setiap akhir tahun. Barata XXX/2015 dilaksanakan mulai Senin, 28 Desember 2015 sampai dengan Jumat, 1 Jaanuari 2016," kata Arif Haryono pada upacara pemberangkatan di lapangan Pemda Sleman, Senin.

Pelepasan peserta Barata ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kepala Dikpora, dan pemukulan gong oleh Dndim 0732 Sleman Letkol Inf Bambang Kustiwa.

"Kegiatan Barata tersebut berupa perjalanan dengan menjelajahi berbagai tempat dengan rute gerilya Tentara Pelajar dan kegiatan perlombaan," katanya.

Rute delam kegiatan tersebut, star di lapangan Pemda Sleman menuju lapangan TGP Seyegan, kemudian menuju lapangan Pojok Pakem, selajutnya peserta menuju ke Batalyon infanteri 403 Kentungan dan kembali/finish di Gubub Pramuka Sleman.

Peserta dalm kegiatan Barata tersebut diikuti oleh pramuka Penegak dan Pandega se kwartir cabang sleman dengan jumlah peserta 64 sangga dengan rincian 34 sangga putra dan 30 sangga putri.

Kegiatan ini diikuti pula 24 pangkalan di Kabupaten Sleman, yang terdiri dari 24 sekolah, diantaranya SMKN 1 Tempel, SMKN 1 Depok, SMKN 1 Godean, SMAN 1 Tempel, SMAN 1 Cangkringan, SMAN 1 Pakem, SMAN 1 Ngemplak.

Arif mengatakan, bahwa pada setiap anggota Pramuka terdapat potensi yang bisa dikembangkan , untuk itu diharapkan Pramuka mampu menempa diri untuk menuju prestasi ke depan.

"Potensi yang bisa dikembangkan bagi Pramuka meliputi potensi kemapuan diri, intelektual, potensi kecerdasan sosial, sikap karakter daan perilaku, serta psikomoterik," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan Barata juga sebagai wadah kegiatan untuk membentuk watak dan peradaban yang bermartabat, jujur, amanah, disiplin, kerja sama juga cinta tanah air.

"Diharapkan dengan mengikuti kegiatan Barata peserta mampu mengambil makna, yang jelas banyak hal yang dapat diambil hikmahnya," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar