Sleman siap fasilitasi pendidikan anak eks gafatar

id anak anak eks gafatar

Sleman siap fasilitasi pendidikan anak eks gafatar

Tim Dukungan Psikososial Kemensos bermain dengan anak-anak pengungsi eks-Gafatar di tempat penampungan. Foto ANTARA

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta siap untuk memfasilitasi kelanjutan pendidikan bagi anak-anak dari warga eks Gafatar yang telah dipulangkan dari Kalimantan.
         
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sleman Arif Haryono, di Sleman, Jumat, mengatakan siap memfasilitasi kebutuhan pendidikan anak-anak eks Gafatar.
        
"Kami siap untuk memfasilitasi kelanjutan pendidikan anak-anak usia sekolah dari warga eks Gafatar yang dipulangkan ke Sleman. Namun sampai sekarang, memang belum mendapat petunjuk mengenai hal itu," katanya.
        
Menurut dia, Disdikpora Kabupaten Sleman juga belum mendapat data ada berapa banyak anak-anak usia sekolah dari warga eks Gafatar yang dipulangkan ke Sleman.
       
"Namun jika  ada yang usia sekolah dan mereka butuh layanan pendidikan, kami siap memfasilitasi," katanya.
         
Ia mengatakan, jika nantinya siswa eks Gafatar itu ingin mengenyam pendidikan di Sleman, diingatkan agar sekolah-sekolah tidak menolak mereka.
        
"Pada prinsipnya, anak-anak itu memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan. Jadi sekolah tidak boleh menolak anak-anak eks Gafatar yang ingin masuk sekolah," katanya.
        
Arif mengatakan, untuk siswa yang kemungkinan terlibat organisasi Gafatar dirinya tidak tahu dan belum ada laporan terkait hal itu. Pihaknya akan meminta kepala UPT Pendidikan di masing-masing wilayah untuk mendata ada atau tidak siswa yang dilaporkan hilang.
         
"Namun tidak bisa serta-merta murid yang absen mengikuti pembelajaran dalam waktu lama lantas diindikasikan terlibat Gafatar. Ada berbagai kemungkinan alasan yang melatarbelakangi siswa tidak masuk sekolah dalam waktu lama," katanya.*

(V001)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024