Seleksi program "Home Business Camp" dimulai Februari

id kota yogyakarta

Seleksi program "Home Business Camp" dimulai Februari

Pemkot Yogyakarta (Foto Istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta akan melanjutkan program "Home Business Camp" untuk menjaring wirausaha muda baru dengan seleksi dimulai Februari.

"Pada tahun ini, kami menargetkan 40 peserta program `Home Business Camp` (HBC)," kata Kepala Bidang Sumber Daya UMKM Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto di Yogyakarta, Jumat.

Program HBC menjadi salah satu program unggulan dari Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta. Program tersebut dimulai sejak 2014 dengan jumlah peserta yang terus bertambah setiap tahunnya.

Hingga saat ini, sudah ada 50 alumni program "home business camp" yang bergerak di berbagai bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Untuk program tahun ini, kami juga akan melibatkan para alumni guna memberikan motivasi kepada wirausaha-wirausaha muda yang baru berusaha merintis bisnis mereka," katanya.

Tri menyebut, sekitar 75 persen alumni program "home business camp" konsisten untuk mengembangkan usahanya. "Proses evaluasi juga dilakukan rutin setiap bulan sekali sebagai langkah pendampingan agar bisnis mereka terus berkembang," lanjutnya.

Selain melibatkan alumni, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta juga akan menyusun enam paket kegiatan berbasis komunitas untuk mendukung program "home business camp".

Kegiatan berbasis komunitas tersebut diberi nama "Sambung Rasa Jogja Istimewa" dengan sasaran utama adalah anak muda yang memiliki jiwa wirausaha.

"Nantinya, komunitas-komunitas ini yang akan bergerak untuk menentukan tema kegiatan, seperti talk show," katanya.

Tri menambahkan pihaknya terus berkomunikasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga agar bisa memberikan dukungan terhadap program penumbuhan wirausaha baru itu.

"Harapannya, minimal ada tiga wirausaha muda dari program HBC yang bisa memperoleh bantuan modal dari pusat," katanya. ***3***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024