Diskop dorong pelaku usaha kuasai teknologi informatika

id teknologi informasi

Diskop dorong pelaku usaha kuasai teknologi informatika

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong pelaku usaha menguasai teknologi informatika untuk memasarkan produknya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Diskop-UMKM) Kulon Progo Sri Harmintarti di Kulon Progo, Jumat, mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk memberikan pelatihan Teknologi Informatika (IT) kepada pelaku UMKM.

"Kami berharap pelatihan IT ini membuat pelaku UMKM menjual produk mereka secara online yakni melalui media sosial," kata Sri Harmintarti.

Ia mengatakan media sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat webpage pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi.

Saat ini media sosial terbesar yang sudah dikenal dan akrab dengan masyarakat luas diantaranya adalah facebook, instagram dan twitter. Banyak keuntungan yang akan diperoleh para UMKM ini jika produknya dipromosikan melalui media sosial facebook atau twitter.

"Salah satunya adalah semakin banyak orang tahu tentang produk kita, maka semakin besar pula kemungkinan produk kita laku di masyarakat," katanya.

Dia mengatakan mayoritas pelaku UMKM pangan menghadapi kendala dalam pengadaan kemasan yang bagus dan tepat, baik penguasaan informasinya atau pengetahuan teknis serta keterbatasan modal dalam mengembangkan kemasannya.

"Kami mendapat bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Saat ini, sudah banyak pelaku UMKM yang memasarkan produknya secara online," katanya.

Anggota Komisi II DPRD Kulon Progo Priyo Santoso mengatakan teknologi informati sangat penting dalam memasarkan produk-produk lokal. Saat ini, produk-produk lokal unggulan di Kabupaten Kulon Progo banyak bermunculan.

"Kami minta Pemkab Kulon Progo memberikan bimbingan cara menggunakan TI dalam menghadapi perdagangan pasar bebas. Kami minta juga pemkab memberikan modal kepada pelaku UMKM," kata dia. ***3***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024