Pemkab diminta bangun jalur lingkar RSUD Wates

id kulon progo

Pemkab diminta bangun jalur lingkar RSUD Wates

Kabupaten Kulon Progo (Foto Istimewa)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta pemerintah setempat membangun jalan lingkar di sebelah timur dan selatan dalam rangka mendukung pengembangan RSUD Wates.

Ketua Fraksi PDIP DPRD Kulon Progo Aji Pangaribawa di Kulon Progo, Senin, mengatakan di sebelah timur sudah ada jalan, namun kondisinya kurang representatif.

Kemudian di sebelah selatan baru berupa jalan setapak yang belum bisa dilewati kendaraan roda empat.

"Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, perlu dibangun jalan lingkar yang menghubungkan jalan Wates-Kokap ke arah Beji, Wates. Sehingga pengunjung bisa masuk ke kompleks rumah sakit dengan lebih nyaman. Saat ini arus lalu lintas di depan RSUD sudah sangat padat," kata Aji Pangaribawa.

Menurut Aji, keberadaan jalan lingkar akan dapat mengurangi kepadatan jalan di depan rumah sakit.

Jalan lingkar bisa menjadi alternatif baik bagi pengunjung rumah sakit maupun masyarakat pengguna jalan yang akan menuju Kota Wates.

Untuk membuat jalan lingkar, Pemkab Kulonprogo tinggal memperlebar jalan yang sudah ada serta membangun sebuah jembatan.

"Idealnya lebar jalan sekitar lima meter agar bisa dilalui kendaraan roda empat dengan lancar. Jalan tersebut akan menjadi jalur utama bagi pengunjung dan karyawan RSUD. Bahkan juga untuk masyarakat umum yang tinggal di sekitar rumah sakit," kata Aji.

Lurah Wates Agus Wasono juga berharap agar jalan di sekitar RSUD Wates segera dibangun menjadi jalan lingkar.

Agus mengaku juga banyak menerima usulan dari masyarakat untuk pembangunan jalan tersebut.

Jalan lingkar itu panjangnya sekitar 800 meter yang sebagian berada di eks tanah kas desa Wates.

"Saat Musrenbang beberapa waktu lalu, banyak warga yang mengusulkan. Kami sudah mengakomodir dan mengusulkan ke tingkat kecamatan. Mudah-mudahan dalam waktu satu hingga dua tahun ke depan bisa terealisir," harap Agus. 
KR-STR