SAR Pantai Baron selamatkan korban terseret ombak

id Korban tenggelam

SAR Pantai Baron selamatkan korban terseret ombak

Ilustrasi pencarian korban tenggelam (Foto Antara/Ampelsa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Tim Pencarian dan Penyelamatan, Perlindungan Masyarakat (SAR) Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelamatkan dua mahasiswa yang terseret ombak di kawasan Pantai Baron yang terjadi pada Selasa, sekitar 17.30 WIB.

Sekretaris SAR Linmas Wilayah II Pantai Baron Surisdiyanto di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan dua mahasiswa tersebut bernama Wulan Dewi (22) asal Boyolali, Jawa Tengah, dan Muhammad Rino (21) asal Kuningan Cirebon, Jawa Barat, yang nyaris menjadi korban keganasan Pantai Baron.

Kedua mahasiswa tersebut terseret ombak Pantai Baron saat bermain di aliran sungai Pantai Baron.

Petugas berhasil menyelamatkan kedua pengunjung tersebut yang masih tercatat sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Surakarta, Jawa Tengah.

"Kedua korban selamat dan barhasil dievakuasi petugas SAR," kata Surisdiyanto.

Ia mengatakan setelah kurang lebih 10 menit, petugas berhasil mengevakuasi kedua korban dan kondisi kedua korban telah berangsur membaik.

"Kondisi korban telah mambaik dan telah dipulangkan," katanya.

Suris mengatakan cepatnya penyelamatan karena kondisi air sedang jernih, sehingga penyelamatan keduanya hanya berlangsung singkat.

Keduanya berhasil di selamatkan setelah terseret ke tengah sekitar sepuluh menit.

"Tadi setelah dilakukan pemeriksaan keduanya diperbolehkan pulang ke rumahnya," kata dia.

Sementara Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Marjono mengatakan pihaknya sudah sering melakukan imbauan kepada wisatawan untuk tidak mandi di laut, namun demikian seringkali wisatawan nekad.

"Melalui papan pengumuman dan peringatan melalui pengeras suara terus kami himbau tetapi wisatawan nekad mandi di laut," katanya.

(KR-STR)