Dimas-Diajeng diharapkan jadi agen promosi potensi daerah

id dimas

Dimas-Diajeng diharapkan jadi agen promosi potensi daerah

Ilustrasi (duniajogja.com)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten  Sleman, Daerah Istimiewa Yogyakarta, mengharapkan Dimas-Diajeng Kabupaten Sleman menjadi salah satu agen promosi potensi daerah, khususnya sektor pariwisata.

"Peran tersebut sekaligus untuk mengangkat citra Kabupaten Sleman di tingkat regional, nasional maupun internasional," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi di Sleman, Selasa.

Menurut dia, di samping memiliki peran sebagai agen promosi, Dimas-Diajeng Sleman juga diharapkan mampu menjadi model percontohan bagi generasi muda yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan daerah beserta kompleksitasnya, khususnya aspek sosial budaya.

"Diselengarakannya Pemilihan Dimas Diajeng Sleman 2016 adalah untuk memilih putra dan putri terbaik yang berbudaya, berkarakter, cerdas, kreatif, berwawasan luas dan mampu bertugas sebagai agen informasi dan promosi kepariwisataan secara khusus dan potensi Kabupaten Sleman secara umum," katanya.

Ia mengatakan, pemilihan Dimas-Diajeng Sleman 2016 juga untuk memberikan ruang bagi generasi muda usia 18 sampai 24 tahun untuk berprestasi dan mengaktualisasikan diri berkontribusi memajukan kepariwisataan Kabupaten Sleman secara khusus dan pembangunan Kabupaten Sleman secara umum.

"Selain itu juga untuk membangun rasa cinta dan bangga di kalangan generasi muda untuk menerapkan nilai nilai budaya `Ngayogjakarto`," katanya.

Ayu mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilihan Dimas-Diajeng Sleman 2016 diikuti 120 peserta, yang kemudian dilakukan seleksi administrasi, wawancara dan ujian tertulis menjadi 60 orang semi finalis, dilanjutkan proses seleksi secara ketat hingga menjadi 30 orang finalis.

"Selama proses seleksi tahap pertama hingga masa karantina materi yang diberikan mencakup Kebudayaan Jawa, khususnya budaya `Ngajogyakarto` dan wawasan budaya lokal, kepariwisataan dan kebijakan serta potensi Kabupaten Sleman, penyalahgunaan Napza, kepemudaan dan kepemimpinan, penguatan nasionalisme dan lainnya," katanya.

Ia mengatakan dalam pemilihan tersebut Dimas Bayu Hariesta Abdurrahman Jambak dan Diajeng Adultvine Prita Wijayanti akhirnya terpilih sebagai pasangan Dimas-Diajeng Sleman 2016.

Sementara itu, Wakil 1 Dimas-Diajeng Sleman 2016 terpilih adalah Fariz Bimananta Saputra dan Lilis Arilia, Wakil 2 I Gusti Ngurah Paulus Widya Eka S dan Caecilia Westi Sekar Wangi. Sedangkan untuk Harapan 1 adalah Dito Irfantomo Brillian dan Sinta Puspita Sari, Harapan 2 Riyadi Dwi Prasetya/Anindwitya Rizqi Monica.

Sebagai Dimas-Diajeng Berbakat Julian Hadi Prasetya dan Apriliana Puspa Dewi, Dimas Diajeng Persahabatan adalah Doni Irawan dan Caecilia Westi Sekar Wangi, serta Dimas Fiajeng Favorit adalah Bagus Prihandoyo dan Anindwitya Rizqi Monica.
V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar