Bupati Kulon Progo meninjau lokasi bencana

id bencana kulon progo

Bupati Kulon Progo meninjau lokasi bencana

Tanah longsor, ilustrasi (Foto Antara)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Hasto Wardoyo menyisir dan meninjau beberapa lokasi korban bencana tanah longsor dan jembata yang ambrol di Kecamatan Samigaluh.

"Kami minta jembatan segera dibangun walaupun hanya menggunakan bambu, tapi untuk sementara waktu jembatan bisa fungsikan agar akses jalan tidak tertutup dan segera bisa terbuka kembali," kata Hasto di Kulon Progo, Selasa.

Hasto dengan memboceng sepeda motor menuju lokasi tanah longsor dan Jembatan Sarigono, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, yang jebol akibat terpaan dan luapan derasnya air sungai pada Sabtu malam (18/6).

Jembatan Sarigono yang terbuat dari bambu merupakan satu-satunya Jembatan penghubung antara Dusun Jobolawang dengan Dusun Separang di Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh. Kalau tidak melewati jembatan ini, warga di dua Dusun itu harus melewati jalan lain sekitar tiga km lebih jauh.

Ia meminta intansi atau dinas terkait segera membangun jembatan secepatnya dengan dana yang ada dulu, paling tidak bisa menggunakan anggaran Rp30 juta.

"Nanti secara bertahap dibangun lebih baik dan permanen tentunya dengan anggaran yang lebih besar," kata Hasto.

Selain itu, Hasto juga meninjau langsung tanah longsor yang menutup jalan di Dusun Separang, Pagerharjo, Samigaluh yang merupakan jalan penghubung dua dusun antara Separang dan Jobolawang.

Kemudian meninjau langsung ke beberapa lokasi longsor, serta mengunjungi dan menyempatkan gotong royong di rumah Soliyah warga Menggermalang, Desa Gerbosari.

Bupati memberikan bantuan paket sembako kepada para korban tanah longsor maupun kerusakan lainnya akibat bencana alam. Selanjutnya meninjau ke Puskesmas Samigaluh II yang waktu itu terkena banjir. ***4***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024