Dishub Bantul sediakan `rest area` dua lokasi

id rest area

Dishub Bantul sediakan `rest area` dua lokasi

Ilustrasi (Foto rta.nsw.gov.au) (rta.nws.gov.au)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyediakan `rest area` di dua lokasi daerah ini selama pelaksanaan arus mudik dan balik Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, kami sediakan dua tempat `rest area` bagi pemudik yang ingin beristirahat karena kelelahan di jalan," kata Kepala Dishub Bantul Suwito di Bantul, Selasa.

Menurut dia, dua lokasi `rest area` itu terdapat di Pos Induk Bakulan atau sebelah utara simpang empat Bakulan, Jalan Parangtritis dan di kawasan Terminal bus kecil Palbapang yang berada di ruas Jalan Panembahan Senopati.

Ia mengatakan Pos Induk Bakulan dinilai merupakan lokasi strategis karena jalur tersebut merupakan jalur wisata menuju Pantai Parangtritis yang banyak dilalui kendaraan, sementara Terminal Palbapang berada di jalur alternatif mudik yang melalui jalur selatan.

"Masing-masing rest area mempunyai tempat yang mendukung untuk beristirahat pemudik maupun parkir kendaraan, begitu juga di Terminal Balpangan ada tempat yang relatif memadai," katanya.

Suwito mengatakan guna memberikan pelayanan kepada pemudik di rest area, pihaknya menerjunkan sejumlah personel di lokasi tersebut, sehingga pemudik maupun wisatawan bisa memperoleh informasi mengenai kondisi kepadatan lalu lintas di wilayah Bantul lainnya.

"Kami menerjunkan sebanyak 97 personel perhubungan selama Lebaran mulai dari 29 Juni sampai 14 Juli 2016 yang tersebar di posko-posko pada titik-titik keramaian, termasuk di Pos Induk Bakulan, yang merupakan Posko Induk Dishub Bantul," katanya.

Sementara itu terkait kesiapan jalan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2016, Dishub Bantul telah melakukan pengecekan untuk memastikan kondisinya, mengingat sebagian wilayah Bantul juga menjadi jalur mudik dan alternatif.

"Menindaklanjuti rapat kesiapan Lebaran 2016 di provinsi (DIY) beberapa waktu lalu kami sudah cek semua jalan-jalan di Bantul baik jalan kabupaten, jalan provinsi maupun nasional, bahwa semuanya layak dan siap dilewati," katanya.

(KR-HRI)