Lebaran 2016 - Penumpang di Terminal Giwangan naik 4 persen

id giwangan

Terminal Bus Yogyakarta (Foto Antara/Rizky)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Penumpang bus yang datang di Terminal Giwangan Yogyakarta pada H-6 Lebaran 2016 mulai meningkat dengan kenaikan sekitar 4 persen dibanding rata-rata jumlah penumpang pada hari biasa.

"Jumlah penumpang yang datang di Terminal Giwangan, Kamis (30/6), tercatat sebanyak 23.217 orang, sedangkan penumpang yang berangkat sebanyak 20.144 orang. Penumpang yang datang didominasi penumpang dari Jakarta," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Jumat.

Meskipun mengalami penaikan dibanding rata-rata penumpang harian, jumlah penumpang yang datang di Terminal Giwangan pada tahun ini justru mengalami penurunan sekitar 1,3 persen dari jumlah penumpang periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain dilayani bus reguler, terdapat 40 bus tambahan dari Jakarta dan satu bus tambahan dari Denpasar yang juga tiba di Terminal Giwangan. Bus tambahan dari Jakarta adalah bus dari program mudik bersama yang digelar oleh sejumlah instansi, di antaranya Jasa Raharja.

"Ada sekitar 2.000 penumpang yang turun di Terminal Giwangan melalui program mudik bersama itu," katanya.

Selain penumpang, Terminal Giwangan Yogyakarta juga menerima kedatangan sepeda motor dari pemudik yang memanfaatkan program mudik bersama.

"Tadi pagi sudah datang tiga truk berisi sepeda motor. Setiap truk mengangkut sekitar 45 unit sepeda motor. Sepeda motor pemudik ini ditempatkan di lahan parkir yang ada di sisi timur terminal," katanya.

Terminal Giwangan memperoleh kuota sebanyak 19 truk berisi sepeda motor pemudik. "Nanti malam akan datang lagi sepeda motor pemudik dari program mudik bersama Kementerian Perhubungan," katanya.

Pemudik bisa mengambil sepeda motor miliknya dengan menunjukkan surat jalan yang diperoleh saat mendaftar mudik bersama. Pemudik juga akan memperoleh kupon bahan bakar untuk kendaraannya yang bisa ditukar di pom bensin terminal.

Puncak kedatangan penumpang di Terminal Giwangan diperkirakan terjadi pada H-3 Lebaran atau Minggu (3/7) dengan jumlah penumpang sekitar 34.000 orang.

E013
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar