Lebaran 2016 - Kedatangan penumpang di Giwangan terlambat enam jam

id Giwangan

Suasana di terminal giwangan Yogyakarta (Foto Antara/Eka Arifa R/ags/15)

Jogja (Antara) - Kedatangan penumpang di Terminal Giwangan Yogyakarta pada puncak arus mudik yang terjadi Minggu (3/7) hingga Senin (4/7) dini hari mengalami keterlambatan enam jam akibat kemacetan di sepanjang perjalanan.

"Keterlambatan kedatangan penumpang hanya terjadi untuk penumpang dari arah barat atau dari Jakarta, sedangkan penumpang dari arah timur seperti Surabaya relatif tidak mengalami keterlambatan kedatangan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, jarak antara Jakarta dan Yogyakarta biasanya dapat ditempuh dalam waktu 12 jam perjalanan, namun pada Minggu (3/7) harus ditempuh selama sekitar 18 jam perjalanan karena terjadi kemacetan di sekitar Brebes, Jawa Tengah.

Sedangkan penumpang dari arah Surabaya, dapat tiba tepat waktu yaitu sekitar sembilan atau 10 jam perjalanan.

"Biasanya, keterlambatan kedatangan penumpang dari arah timur justru akan terjadi pada saat arus balik. Harapannya, pada tahun ini hal tersebut tidak terjadi karena sudah ada pelebaran jalan di beberapa kota yang dilewati," katanya.

Berdasarkan data dari UPT Terminal Giwangan Yogyakarta, jumlah penumpang yang tiba di terminal pada H-3 lebaran atau Minggu (3/7) tercatat sebanyak 36.282 orang sedangkan penumpang yang diberangkatkan tercatat sebanyak 28.622 orang.

"Jumlah penumpang yang tiba di terminal saat puncak arus mudik tersebut justru melebihi perkiraan kami. Sebelumnya, kami hanya memperkirakan akan ada sekitar 33.000 hingga 34.000 penumpang yang datang," katanya.

Saat puncak arus mudik, terdapat 79 bus tambahan yang tiba di Terminal Giwangan di antaranya berasal dari Jakarta sebanyak 58 armada, Banten 12 bus, dan Surabaya 13 bus.

Jumlah penumpang yang datang di Terminal Giwangan Yogyakarta pada H-3 lebaran mengalami kenaikan 13,04 persen dibanding jumlah penumpang yang tiba pada periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan jumlah penumpang juga terjadi untuk penumpang kereta api. Jumlah penumpang yang tiba di sejumlah stasiun di wilayah kerja Daerah Operasi VI Yogyakarta pada H-3 lebaran tercatat sebanyak 18.964 penumpang yang didominasi penumpang kereta lokal sebanyak 8.210 orang.

(E013)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar