Lebaran 2016 - Perusahaan bus tambah tiga armada layani pemudik

id bus

Lebaran 2016 - Perusahaan bus tambah tiga armada layani pemudik

bus yang mangkal di Terminal Palbapang Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Bantul (Antara) - Perusahaan Otobus yang beroperasional di Terminal Bus Palbapang Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menambah tiga armada guna melayani penumpang selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Kalau hari biasa yang dioperasionalkan satu bus per hari, namun selama mudik Lebaran ini ditambah tiga sehingga bisa empat bus per hari," kata karyawan bagian reservasi tiket Perusahaan Otobus (PO) Murni Jaya di Terminal Palbapang Bantul, Bu Toni, Senin.

Menurut dia, penambahan armada bus itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang angkutan umum dengan tujuan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) maupun Jawa Barat baik saat arus mudik maupun balik Lebaran 2016.

Ia mengatakan, bus yang dioperasionalkan perusahaan ini hanya satu jenis yaitu bus AC Patas dengan kapasitas sebanyak 43 penumpang, kemudian tambahan tiga bus serupa direncanakan hingga 17 Juli nanti.

"Setidaknya untuk pemberangkatan tanggal 9 sampai 12 Juli satu bus sudah penuh, sehingga kalau ada yang pesan untuk tanggal itu, masih ada tiga bus tambahan dengan jumlah muatan yang sama, artinya masih bisa pesan," katanya.

Sementara itu, untuk pemberangkatan sebelum hari raya, hingga saat ini masih tersedia kursi bagi calon penumpang, karena diakui penjualan tiket bus pada jelang Lebaran 2016 tidak seramai tahun-tahun sebelumnya.

"Kalau sebelum Lebaran malah biasa saja, justru yang banyak pesan untuk setelah Lebaran. Untuk harga tiket bus kalau hari biasa Rp135 ribu, namun kalau Lebaran seperti ini naik menjadi Rp280 ribu per orang," katanya.

Sementara itu, karyawan bagian reservasi tiket bus PO Sumber Alam di Terminal Palbapang Bantul, Puji mengatakan, mengakui pada Lebaran 2016 ini pemesanan tiket bus mengalami penurunan karena tidak seramai tahun-tahun sebelumnya.

Ia mengatakan, ada beberapa jenis bus yang dioperasionalkan yaitu bus AC VIP, AC Ekonomi, AC Patas dan bus ekonomi dengan harga yang ditawarkan berbeda tergantung kelas, namun diakui pada saat Lebaran ini harga tiket mengalami kenaikan.

"Kalau biasanya satu bus, namun saat Lebaran kalau ada lonjakan pemumpang ada tambahan, dan biasanya gabungan dengan bus agen lain, seperti AC Ekonomi itu dari Dongkelan (Yogyakarta)," katanya.

(KR-HRI)