Lebaran 2016 - SAR Gunung Kidul siapkan kapal ambulan

id sar gunung kidul

Lebaran 2016 - SAR Gunung Kidul siapkan kapal ambulan

Ilustrasi pencarian korban tenggelam (Foto Antara/Ampelsa)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Tim SAR Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan petugas khusus dan kapal ambulan untuk mengantisipasi sulitnya evakuasi jika terjadi kecelakaan laut saat libur Lebaran 2016.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Surisdiyanto di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan personel dan kapal untuk melakukan evakuasi menggunakan kapal laut jika terjadi kecelakaan laut saat libur lebaran.

"Saat libur Lebaran jalur pantai macet, selain itu juga diterapkan mekanisme satu jalur. Biasanya jika terjadi kecelakaan laut langsung dibawa ke RSUD Wonosari namun saat Lebaran tidak memungkinkan," kata Surisdiyanto.

Ia mengatakan rute jika kecelakaan di Pantai Baron dan sekitarnya maka akan dibawa langsung ke Pantai Ngerenehan, Desa Kanigoro, Saptosari. Di sana, sudah menunggu sebuah ambulan yang siap membawa korban menuju ke rumah sakit rujukan.

"Korban akan lebih cepat mendapatkan penanganan," katanya.

Surisdiyanto mengatakan dengan evakuasi menggunakan kapal laut diharapkan bisa segera membantu korban bencana untuk segera ditolong. "Semoga tidak ada kecelakaan laut," katanya.

Selama libur Lebaran, seluruh personel SAR Satlinmas Wilayah II yang berjumlah 55 orang akan diterjunkan untuk mengamankan kawasan Pantai mulai dari Poktunggal hingga Gesing. "Wisatawan untuk tetap waspada saat berlibur di pantai selatan," katanya.

Suris menambahkan berbeda dengan tahun sebelumnya, setiap libur Lebaran banyak ubur-ubur penyengat, namun untuk tahun ini tidak ada.

"Namun demikian kami mengimbau untuk mewaspadai bulu babi dan ikan beracun," kata dia. ***1***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar