Pemkab bedah rumah korban bencana tanah longsor

id bedah rumah

Pemkab bedah rumah korban bencana tanah longsor

Pemerintah Kulon Progo, DIY, berkomitmen melakukan bedah rumah terhadap rumah keluarga miskin. (Humas Kabupaten Kulon Progo)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta membedah rumah korban bencana tanah longsor akibat hujan deras pada Sabtu (16/7) milik Suliyah warga Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh.

Kepala Desa Gerbosari Damar di Kulon Progo, Minggu, mengatakan rumah Suliyah terkena longsoran tanah dari bukit di sebelah rumahnya hingga merusak bangunan rumah tersebut yang terbuat dari bambu.

"Namun dari kejadian tersebut tidak membawa korban jiwa," ujar Damar.

Pada program bedah rumah Minggu (17/7), rumah Suliyah merupakan salah satu sasaran dari Tim Bedah Rumah Pemerintah Kabupaten Kulon Progo beserta rombongan.

Setelah kejadian tersebut, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo sempat berkunjung ke rumah Suliyah.

Menurut Damar, pihaknya membuat proposal yang diajukan ke Pemkab Kulon Progo, agar Suliyah dapat bantuan untuk program bedah rumah.

"Akhirnya disetujui dan dapat dilaksanakan pada hari ini," ucap Damar.

Pembangunan rumah Suliyah sudah dimulai yang pengerjaannya dilakukan secara bergotong royong oleh warga setempat. Pada program bedah rumah kali ini, donatur yang membantu yaitu Baznas Kulon Progo sebesar Rp10 juta, PT Bifa Karya Jaya Rp10 Juta, Kodim 0731 Kulon Progo Rp5 juta, dan pihak Donatur lainnya yang tidak disebutkan besarannya, yakni dari BPMPT Pemkab KulonProgo, PT Selo Adi Karta (SAK), serta dari Baznas Kecamatan Samigaluh.

Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Kulon Progo Arif Sudarmanto menyampaikan terima kasih kepada pihak donatur yang telah rela menyisihkan uangnya untuk kegiatan sosial bedah rumah ini.

"Semoga bantuan pihak donatur menjadi amal, dan bangunan Suliyah bisa cepat diselesaikan sehingga bisa segera ditempati," ujar Arif Sudarmanto.

Arif Sudarmanto juga menyampaikan permohonan maaf kepada warga Dusun Menggermalang, Desa Gerbosari karena Bupati Kulon Progo Hasto tidak dapat hadir dalam program bedah rumah kali ini.

"Berhubung masih dalam suasana lebaran, momen ini juga dimanfaatkan untuk saling mintamaaf dan bersalaman. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi Suliyah dan keluarga," katanya.

(KR-STR)