Dinas Kebudayaan DIY gelar Festival Adat

id festival adat

Dinas Kebudayaan DIY gelar Festival Adat

ilustrasi- kirab budaya Yogyakarta (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Sleman (Antara) - Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar Festival Adat yang diikuti lima desa adat perwakilan kabupaten/kota di Lapangan Denggung, Kabupaten Sleman, Minggu.

Dalam Fdestival Adat tersebut masing-masing peserta menampilkan keunikan dan kekhasan adat budaya dan upacara tradisi masing-masing.

Lima peserta tersebut yakni

Merti Dusun Tinalah dari Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, kemudian makanan khas "bongko" yang merupakan bagian dari upacara adat Nyadran Mbah Jobeh, Desa Petir, Rongkob, Kabupaten Gunung Kidul.

Selain itu, ada pula upacara adat Umbul Kamulyan dari warga Dayakan, Purwomartani, Kecamatan Kalasan. Kabupaten Sleman, Merti Dusun Pancuran dari warga Terong, Dlingo, Kabupaten Bantul dan Merti Code dari Jetis, Terban, Kota Yogyakarta.

Masing-masing membawa cerita dan sejarah dari fragmen kehidupan yang tumbuh di tengah masyarakat.

Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Umar Priyono mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi upaya pemerintah daerah untuk melestarikan upacara adat yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

"Apalagi DIY memiliki lebih dari 300 jenis upacara adat yang mengandung nilai luhur serta mencakup sekian banyak sisi kehidupan. Mulai dari kelahiran manusia hingga masa kematian, hubungan antar manusia, nilai kegotongroyongan, pelestarian lingkungan, hingga ungkapan rasa syukur atas hasil panen melimpah," katanya.

Menurut dia, banyak nilai keluhuran dalam upacara adat tersebut yang ditinggalkan nenek moyang kepada kita.

"Itu menjadi kekayaan budaya yang harus dilestarikan," katanya.

Ia mengatakan, upaya pelestarian sendiri meliputi tiga hal, yakni perlindungan, pemanfaatan, dan pengembangan.

"Kami berharap, agenda ini bisa memberikan manfaat yang lebih optimal bagi upaya pelestarian budaya. Partisipasi masyarakat menjadi kunci dalam melestarikan dan memajukan kebudayaan di Yogyakarta. Terutama generasi muda yang diharapkannya turut ambil bagian sebagai penjaga dan penerus perlindungan kelestarian upacara adat dan tradisi budaya lainnya," katanya.

Umar mengatakan, bagi Yogyakarta budaya itu menjadi garda depan tourism makanya upaya pelestarian seharusnya tumbuh dari masyarakat, termasuk generasi muda.

"Kami berharap kaum muda memiliki rasa bangga menggali nilai luhur budayanya sendiri," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024