Beijing minta ketegangan atas laut china selatan diredakan

id laut china selatan

Beijing minta ketegangan atas laut china selatan diredakan

Ilustrasi (doc)

Vientiane (Antara/Reuters) - Ketegangan internasional atas perselisihan bahari di Laut China Selatan harus diredakan, kata Menteri Luar Negeri China pada Senin, setelah pengadilan internasional "sangat cacat" menentang perluasan pengakuan Beijing di laut itu.

Pengadilan Arbitrase Tetap dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Denhaag memberikan kemenangan hukum kepada Filipina dalam perselisihan laut pada awal bulan ini.

Keputusan pengadilan itu diturunkan dengan dasar hukum lemah, kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi kepada wartawan di ibu kota Laos, Vientiane.

Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mendukung pendirian China bahwa perselisihan itu sebaiknya diselesaikan secara dwipihak, katanya setelah menghadiri pertemuan dengan menteri luar negeri ASEAN pada Senin.

Untuk itu, ASEAN mendukung rencana agar pihak Filipina dan China mengadakan pertemuan langsung terkait perselisihan mereka, kata dia menambahkan.

"Keadaannya saat ini berbalik terkait isu tersebut setelah ketegangan timbul akibat keputusan pengadilan itu," kata dia.

Hubungan negara anggota ASEAN dengan China sebaiknya tidak dipengaruhi masalah laut, tambahnya.
(KR-MBR)