LPSK berupaya hindarkan generasi muda dari kejahatan

id lpsk

LPSK berupaya hindarkan generasi muda dari kejahatan

Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban Abdul Haris Semendawai. (antaranews.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban berupaya membuka mata dan pikiran generasi muda untuk menghindari atau terhindar dari segala bentuk tindak kejahatan, baik sebagai korban maupun pelaku kejahatan.
     "Sesungguhnya potensi kejahatan berada di sekitar kita. Untuk itu dibutuhkan kepedulian dari semua elemen bangsa termasuk generasi muda agar lebih waspada dan tidak mudah terjebak dalam segala bentuk jenis kejahatan," kata Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai di Yogyakarta, Sabtu.
     Apalagi, kata dia pada Penganugerahan Karya Tulis dan Seni Poster Berperspektif Perlindungan Saksi dan Korban bertema "Gagasan Anak Negeri untuk Indonesia Berkeadilan", LPSK menyadari setiap orang berpotensi menjadi saksi maupun korban kejahatan termasuk generasi muda.
     Menurut dia, melalui lomba penulisan artikel dan pembuatan poster berperspektif perlindungan saksi dan korban, LPSK berharap para pelajar dan mahasiswa yang menjadi peserta bisa mencari tahu dan menggali apa saja hak-hak saksi dan korban.
     Selain itu, kegiatan yang dilaksanakan LPSK dalam mensosialisasikan tugasnya melindungi dan memberikan bantuan hak-hak saksi dan korban kali ini memang berbeda dengan yang biasa dilakukan.
     "Jika sebelumnya LPSK kerap menggelar sosialisasi melalui seminar atau kegiatan lain dalam bentuk tatap muka, tetapi pada kesempatan kali ini kami mencoba melakukan pendekatan melalui seni," katanya.
     Ia mengatakan kegiatan seperti lomba tulis dan pembuatan seni poster yang dibarengi pertunjukan musik atau pembacaan puisi menjadi salah satu pilihan untuk lebih dekat dengan generasi muda.
     "Dengan demikian, LPSK bisa lebih mengenalkan pelaksanaan perlindungan saksi dan korban kepada salah satu elemen bangsa yang sangat berperan terhadap kemajuan bangsa ke depan yakni generasi muda," kata Abdul Haris.
     Juara pertama lomba penulisan artikel kategori SMA diraih Fariza Eka Aulia diikuti Dea Majestica Citra (2) dan Rizki Amalia Soleha (3). Juara pertama kategori mahasiswa/umum diraih Sulfiza Ariska, Fahrudin (2), dan Radhiatul Fitri (3).
     Juara pertama lomba desain poster kategori SMA diraih Sufyana Mahmudah diikuti Pramono Ari Wibowo (2) dan Inggit Muhammad (3). Juara pertama kategori mahasiswa/umum diraih Dian Pramana Putra diikuti Habib Irsyad (2) dan Nimas Arum (3).

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024