Sleman tampilkan fragmen di Festival Adat Erau

id festival adat erau

Sleman tampilkan fragmen di Festival Adat Erau

Ilustrasi Saparan Bekakak (Foto Disbudpar Sleman)

Sleman, (Antara Jogja) - Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mengirimkan misi kesenian dalam event "Pesta Adat Erau dan International Folk Art Festival" di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur, Senin (22/8).

"Dalam kesempatan tersebut kontingen Kabupaten Sleman akan menampilkan fragmen cerita rakyat dengan lakon `Kesetiaan Sang Abdi`," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, fragmen tersebut menggambarkan perjuangan Tumenggung Wirosuto dalam menjalankan amanah yang diberikan Pangeran Mangkubumi memimpin penambangan batu gamping yang akan digunakan untuk membangun keraton sebagai pusat pemerintahan.

"Hingga sekarang perjuangan tersebut dilegendakan dengan upacara adat Saparan Bekakak oleh masyarakat di Kecamatan Gamping," katanya.

Ia mengatakan pengiriman misi budaya keluar daerah kali ini merupakan yang ketiga kalinya setelah yang kedua pada Pekan Kesenian Bali ke-38 pada 27 Juni 2016 di Wantilan Hall Taman Budaya Denpasar Bali yang menampilkan sendratari dengan lakon "Kala Murda".

"Sedangkan yang pertama pada acara Ulang Tahun Kabupaten Gianyar ke 244 pada 2015 di Balai Budaya Kabupaten Gianyar yang menampilkan tarian berjudul `Kridha Jatirasa`," katanya.

Ayu mengatakan keikutsertaan kontingen Sleman dalam misi kebudayaan keluar daerah tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan eksistensi, kreativitas dan wawasan seniman Sleman.

"Selain itu juga untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi dan produk seni unggulan Kabupaten Sleman di tingkat nasional bahkan internasional. Dalam hal ini keikutsertaan Sleman juga untuk memeriahkan event Pesta Adat Erau dan International Folk Art Festival (EIFAF)," katanya.

Ia mengatakan kontingen Kabupaten Sleman terdiri atas seniman-seniman muda yang berkompeten dan merupakan prestator dalam bidang seni tari dan garapan komposisi musik Jawa. ***4***
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024