Penjabat bupati diminta sukseskan rencana pembangunan bandara

id bandara

Penjabat bupati diminta sukseskan rencana pembangunan bandara

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Kulon Progo,  (Antara Jogja) - Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, periode 2011-2016 Hasto Wardoyo meminta penjabat bupati Budi Antono meneruskan dan menyukseskan rencana pembangunan bandara di Kecamatan Temon.

Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Rabu, mengatakan pembangunan yang berjalan di Kulon Progo masih banyak yang dipertahankan dan diteruskan, salah satunya bandara.

"Gubernur memberikan pesan, terlebih pada Pj Bupati Budi Antono, bahwa pembangunan bandara diprioritaskan, bandara baru harus selesai 2019," kata Hasto.

Ia mengatakan penyelesaian bandara yang menargetkan bukan bupati atau gubernur, tapi presiden meminta gubernur dan diteruskan ke Pemkab Kulon Progo.

"Kami mohon doa kepada semua pihak, tokoh masyarakat, dan tokoh agama supaya pembangunan bandara selesai tepat waktu, tepat target, dan tepat fungsi sebagamana diharapkan," kata dia.

Selain itu, Hasto berharap pj bupati meneruskan program Bedah Menoreh dan menyukseskan program Kulon Progo sebagai penyangga destinasi wisata otorita Borobudur. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menetapkan 10 destinaai wisata nasional. Rencananya akan dikeluarkan tiga perpres, yakni Otorita Danau Toba, Otorita Borobudur, dan Otorita Pulau Komodo.

"Kami titip kepada pj bupati dan jajaran turut memperjuangkan perpres Kulon Progo sebagai penyangga destinasi wisata Otorita Borobudur dan Bedah Menoreh yang kami canangkan dimulai tahun ini," katanya.

Hasto mengatakan selama pemerintahannya telah menyusun rencana pengembangan destinasi wisata baru dengan membangun Taman Kerajaan Nusantara seperti Taman Mini Indonesia Indah, tetapi ajungan-anjungannya adalah kerajaan-kerajaan yang ada di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan tujuan pembangunan Taman Kerajaan Nusantara ini adalah meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kulon Progo dan DIY.

"Sebelum krisis ekonomi 1998, jumlah kunjungan wisatawan asing ke DIY mencapai 350 ribu wisatawan, tapi sejak krisis menjadi turun drastis. Sampai saat ini kunjungan wisatawan asing belum kembali. Artinya, perlu ada tambahan destinasi wisata baru," kata dia.

Penjabat Bupati Kulon Progo Budi Antono mengatakan dirinya akan menjabat sebagai pj bupati sampai bupati dan wakil bupati terpilih pada Pilkada 15 Februari 2017.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Hasto-Sutedjo. Selama kepemimpinannya, banyak hal yang telah dilakukan. Kulon Progo berkembang sangat luar biasa dengan Program Bela-Beli Kulon Progo," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengajak kepada seluruh jajaran SKPD untuk menyerap anggaran APBD 2016 secara maksimal dalam waktu lima bulan yang tersisa.***3***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar