Puncak Hari Keluarga DIY dilangsungkan di MGM

id museum gunungapi merapi

Puncak Hari Keluarga DIY dilangsungkan di MGM

Ilustrasi program KB (foto dokterbagus.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Puncak acara Hari Keluarga Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dilangsungkan pada Sabtu, 27 Agustus 2016, di kawasan Museum Gunung Merapi, Dusun Banteng, Pakem, Kabupaten Sleman.

"Puncak acara Hari Keluarga DIY tersebut rencananya akan dihadiri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, dan Gusti Kanjeng Ratu Bendoro," kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Sri Winarti, Rabu.

Menurut dia, dalam puncak acara hari keluarga nanti kegiatannya berada pada dua titik, yakni di Omah Jawi dan kawasan Museum Gunungapi Merapi (MGM).

"Kegiatan di Omah Jawi rombongan akan menyaksikan deklarasi dari `Generasi Remaja` (GenRe) yang terkait dengan pendewasaan usia perkawinan," katanya.

Ia mengatakan, usai peninjauan di Omah Jawi rombongan Gubernur DIY dan Bupati Sleman langsung menuju MGM. Di MGM nanti berbagai kegiatan akan dilakukan, antara lain ekspose berupa gelar kegiatan BKS dan UPPKS berupa pameran berbagai produk dan kegiatan yang telah dilakukan dan rencana kedepan.

"Pada kesempatan tersebut akan ditampilkan paduan suara dan gelar kesenian Badui Kampung KB dari Dusun Malangrejo Wedomartani, Kecamatan Ngemplak," katanya.

Sri Winarti mengatakan, bagi para juara dari berbagai lomba yang dilakukan baik ditingkat Provinsi DIY maupun Kabupaten Sleman akan menerima hadiah, dan penyerahan bantuan/stimulan UPPKS tingkat DIY , serta pemberian hadiah Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan tingkat DIY.

"Sedang untuk tingkat Kabupaten Sleman lomba yang dilakukan adalah lomba akseptor KB lestari 15 tahun, Lomba PIK-R jalur masyarakat, lomba pelayanan KB MKJP kataegori Puskesmas, lomba keluarga Harmonis Sejahtera, lomba motivator KB pria dan lomba KB lestari 10 tahun," katanya.

Ia mengatakan, di Kabupaten Sleman sendiri sampai saat ini telah terbentuk 17 Kampung KB di 17 Kecamatan yaitu Dusun Temuwuh Kidul, Balecatur, Kecamatan Gamping, Dusun Pendulan, Sumberagung, Moyudan, Dusun Kisik I Sendangagung, Minggir, Dusun Dongkelan, Sidorejo Godean, Dusun Kregolan, Margomulyo Seyegan, Dusun Toragan, Tlogoadi, Mlati.

Kemudian Dusun Banjeng, Maguwoharjo Kecamatan Depok, Dusun Baran, Kalitirto Berbah, Dusun Sengir, Sumberharjo Prambanan, Dusun Tundan, Purwomartani, Kalasan, Dusun Malangrejo, Wedomartani, Ngemplak, Dusun Tanjungsari, Sukoharjo Ngaglik, Dsun Murangan VIII, Triharjo, Sleman, Dusun Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Dusun Gondang Donokerto, Turi, Dusun Ngepring, Purwobinangun, Pakem, dan Dusun Bulaksalak, Wukirsari Kecamatan Cangkringan.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar