Vandalisme rambu lalu lintas Yogyakarta masih marak

id vandalisme

Vandalisme rambu lalu lintas Yogyakarta masih marak

Petugas dari Dinas Perhubungan sedang membersihkan rambu-rambu lalulintas dari vandalisme. (Foto Humas Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta (Antara) - Aksi vandalisme yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab di Kota Yogyakarta tidak hanya menyasar tembok kosong atau fasilitas publik, tetapi rambu-rambu lalu lintas juga kerap menjadi sasaran.

"Biasanya, rambu-rambu lalu lintas ini dipenuhi tempelan stiker atau iklan dan coretan sehingga fungsinya menjadi tidak maksimal," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho di Yogyakarta, Jumat.

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, lanjut Wirawan, rutin melakukan pembersihan rambu lalu lintas dari aksi vandalisme, namun hal tersebut belum mampu membebaskan seluruh rambu dari tempelan selebaran, stiker dan coretan yang mengotorinya.

Oleh karena itu, lanjut Wirawan, bertepatan dengan Hari Perhubungan, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mengintensifkan kegiatan pembersihan rambu lalu lintas dari aksi vandalisme.

Kegiatan dilakukan dari simpang Tungkak hingga Pojok Benteng Barat dengan mengerahkan instansi lain seperti kepolisian dan Dinas Ketertiban termasuk komunitas masyarakat yang memiliki kepedulian untuk membersihkan lingkungan dari sampah dan vandalisme.

"Melalui kegiatan ini, kami juga berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan vandalisme di rambu lalu lintas atau di lampu lalu lintas," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Keselamatan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Hari Purwanto mengatakan, salah satu upaya agar aksi vandalisme terhadap rambu lalu lintas berkurang adalah memberikan sanksi yustisi kepada pelaku.

"Dengan sanksi yustisi, maka pelaku diharapkan bisa jera. Tidak mengulang lagi perbuatannya karena bisa membahayakan pengguna jalan," katanya.

Sementara itu, perwakilan Komunitas Garuk Sampah yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut Kedung mengatakan, vandalisme terhadap rambu lalu lintas sangat marak ditemukan.

"Hari ini dibersihkan, besok sudah muncul lagi. Ini menunjukkan etika berpariwara mereka masih kurang," katanya yang menyebut aksi vandalime rambu lalu lintas marak ditemui di sejumlah ruas jalan seperti Jalan Wahidin Sudirohusodo. ***1***(E013)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024