Gunakan pangan lokal mampu optimalkan Rp28 miliar

id gunung kidul

Gunakan pangan lokal mampu optimalkan Rp28 miliar

logo Pemkab Gunung Kidul (foto istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul dipastikan mampu mengoptimalkan anggaran sebesar Rp28 miliar dari keperluan sebanyak 46 satuan kerja pemerintah daerah dengan pembelian pangan lokal.

"Mulai tahun 2017, seluruh anggaran belanja rapat SKPD dianggarkan senilai Rp28 miliar akan kami optimalkan dengan pembelian panganan lokal saat rapat-rapat di seluruh SKPD," ujar Wakil Bupati Kabupaten Gunung Kidul Immawan Wahyudi, di Gunung Kidul, Senin.

Menurut dia, langkah tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam menanggulangi kemiskinan dengan mengoptimalkan masyarakat untuk memanfaatkan panganan lokal pada seluruh kegiatan rapat SKPD.

Ia menjelaskan, pihaknya telah mengeluarkan arahan kepada 28 SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, dan 18 kecamatan di Kabupaten Gunung Kidul untuk melaksanakan arahan tersebut.

"Saat ada rapat di SKPD kabupaten dan seluruh kecamatan, maka makanan ringan atau snack rapat harus menggunakan pangan lokal. Dengan demikian, masyarakat lokal akan mendapatkan keuntungan dari anggaran tersebut," papar Immawan.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Pemerintahan, Sosial dan Budaya Bappeda Gunung Kidul, Prianta Madya mengatakan, melalui kebijakan penggunaan panganan lokal itu terhadap 46 SKPD di Gunung Kidul, maka masyarakat juga akan termotivasi untuk menanam dan mengembangkan panganan lokal, seperti menanam singkong, kacang, jagung, dan yang lainnya, karena mereka yakin bahwa produknya pasti dibeli oleh pemerintah daerah.

?Langkah ini juga dipastikan akan menggerakkan perekonomian daerah kami di Gunung Kidul secara keseluruhan,? tutup dia.  (KR-RHN)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024