Ribuan wisatawan padati objek wisata Kalibiru

id kali biru

Ribuan wisatawan padati objek wisata Kalibiru

Salah seorang pengunjung objek wisata Kali Biru, Kulon Progo D.I.Yogyakarta (Istimewa)

Kulon Progo (Antara) - Ribuan wisatawan memadati objek wisata Kalibiru, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur Idul Adha untuk menikmati pemandangan dari puncak Bukit Menoreh.

Ketua Desa Wisata Kalibiru Sarjana di Kulon Progo, Senin, mengatakan pada Minggu (11/9) jumlah kunjungan wisatawan mencapai 4.250 orang dan Senin mencapai 2.923 orang.

"Kami optimistis pada Selasa (13/9), Kalibiru masih akan dipadati pengunjung meski ada sedikit mengalami penurunan dibandingkan Minggu dan Senin. Sejauh ini, wisatawan sudah menghubungi kami dan akan berkunjung ke Kalibiru," kata Sarjana.

Ia mengatakan, jumlah pengunjung Kalibiru pada libur Idul Adha tahun ini memang tidak seramai saat libur lebaran beberapa waktu lalu. Hal ini dikarenakan Idul Adha jatuh pada Senin, berbeda kalau liburnya mulai Rabu atau Kamis, dapat dipastikan selama satu minggu, Kalibiru akan ramai selama satu minggu.

"Kami masih bersyukur jumlah pengunjung Kalibiru masih tinggi. Kami optimistis, pada Selasa (13/9), jumlah pengunjung masih di atas 1.500 orang," katanya.

Sarjana mengatakan dari ribuan pengunjung tersebut, wisatawan asing mulai memadati Kalibiru seperti dari Singapura dan Malaysia. Pada Minggu (11/9), jumlah wisatawan asing mencapai 500 orang dan hari ini sebanyak 25 orang.

Wisatawan lainnya, datang dari Kalimantan, Papua, Sumatera dan Sulawesi.

"Objek wisata di kawasan Bukit Menoreh, khususnya Kalibiru mulai dilirik wisatawan asing. Kami berusaha menarik wisatawan asing sebanyak-banyaknya," katanya.

Meski Kalibiru sudah terkenal dalam dan luar negeri, kata Sarjana, pihaknya terus melakukan promosi baik melalui media sodial, kerja sama dengan biro perjalanan dan berbagai promosi lainya.

Menurut dia, promosi yang paling efektif melalui media sosial, serta pengunjung yang datang juga ikut mempromosikan keberadaan dan keindahan Kalibiru.

"Wisatawan sendiri merupakan pihak yang paling berjasa dalam mempromosikan objek wisata Kalibiru. Kami sebatas membuat viral objek wisata dan menyediakan spot-spot tempat berfoto," kata dia.

Untuk mengimbangi peningkatan jumlah pengunjung, lanjut Sarjana, pengelola akan menambah lahan parkir yang berjarak 700 meter dari Kalibiru kerja sama dengan masyarakat. Selain itu, akan menambah spot-spot lokasi berfoto yang saat ini masih dikoordinasikan dengan Kementerian Lingkungan Hidup.

"Kami akan membuat lahan parkir yang dapat menampung 50 unit mobil. Saat ini tinggal menandatangani nota kesepahaman bersama dengan pemilik lahan dan masyarakat. Begitu juga, kami masih menunggu izin pemanfaatan hutan untuk spot-spot foto," kata dia.

(KR-STR)