Disperindagkop : Eropa tujuan ekspor produk kerajinan Bantul

id ekspor kerajinan

Disperindagkop : Eropa tujuan ekspor produk kerajinan Bantul

Ekspor Indonesia (antaranews.com)

Bantul (Antara) - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan negara-negara di Eropa menjadi salah satu tujuan ekpor bagi produk kerajinan para pengrajin daerah ini.

"Untuk pasar potensial produk kerajinan Bantul itu lebih banyak dan tetap masih ke Eropa dan Amerika, selanjutnya Australia dan Jepang serta Tiongkok," kata Kepala Disperindagkop Bantul, Sulistyanto di Bantul, Minggu.

Berbagai produk kerajinan dari Bantul yang diekspor ke berbagai negara tersebut, di antaranya kerajinan gerabah, kerajinan kayu, kerajinan kulit, serta pakaian seperti batik dan sarung tangan produk industri.

Selain itu, kata dia, sejumlah produk kuliner dari industri kecil Bantul, misalnya makanan atau camilan dari olahan bonggol pisang, saat ini mulai diminati konsumen dari negara-negara tetangga.

"Yang baru berkambang ini justru India dan Pakistan, kalau yang Pakistan itu produk-produk ceriping bonggol pisang, justru permintaan untuk negara-negara rutin," katanya.

Sulis sapaan akrabnya tidak mengetahui persis berapa nilai dan volume ekspor dari Bantul sebab laporan transaksi ekspor langsung dicatatkan dan ditangani Pemerintah Provinsi DIY.

"Saya tidak tahu persis. Akan tetapi, kalau satu kontainer tiap bulan itu mesti. Hal itu sudah lumayan untuk produk industri kecil, dan kekuatan di Bantul itu pada industri kecil dan mikro. Kekuatan kita di situ," katanya.

Untuk mendongkrak transaksi ekspor produk Bantul, kata dia, instansinya rutin setiap tahun mengikutsertakan pengrajin yang produknya berorientasi ekspor ke sebuah pameran tingkat internasional yang difasilitasi pemerintah pusat.

"Seperti tahun ini kami dijatah dari Kemenlu (Kementerian Luar Negeri) itu ke Vietnam sama Malaysia, kami difasilitasi gratis, tinggal biaya ongkos transportasi. Akan tetapi, itu tergantung pada anggaran kita," katanya.

(KR-HRI)