105 anak Bantul peroleh bantuan sosial Kemensos

id anak

105 anak Bantul peroleh bantuan sosial Kemensos

anak taman kanak-kanak minum susu (antarafoto.com)

Bantul (Antara) - Sebanyak 105 anak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memperoleh bantuan sosial melalui Program Kesejahteraan Sosial Anak Balita dari Kementerian Sosial RI pada 2016.

"Bantuan sosial yang diberikan bagi anak ini diwujudkan dalam bentuk makanan bergizi serta bantuan operasional untuk kegiatan sekolah," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bantul Mahmudi usai menyerahkan bantuan itu, di Bantul, Selasa.

Dia menjelaskan 105 anak yang menerima bantuan sosial anak (BSA) program Kemensos RI tersebut, merupakan anak dari keluarga kurang mampu di daerah setempat yang tergabung dalam beberapa lembaga sosial.

Ia mengatakan setiap anak mendapatkan bantuan makanan bergizi Rp200.000, sedangkan bantuan operasional sekolah Rp700.000 yang disalurkan melalui lembaga pendidikan yang menangani mereka.

"Bantuan sosial program Kemensos pada 2016 ini yang pertama bagi Bantul, namun ini akan terus berlanjut. Ini juga sekaligus sosialisasi dan pengenalan program kesejahteraan anak," katanya.

Mahmudi mengatakan 105 anak yang menerima bantuan sosial Kemensos itu berasal dari dua kecamatan di Bantul, yaitu Banguntapan dan Kecamatan Bantul, meski begitu tahu depan sasaran penerima bantuan diusulkan berbeda.

"Tahun sekarang Bantul dan Bangutapan, tahun depan kita ajukan kecamatan-kecamatan mana akan kita buat rangking dengan memperhatikan skala prioritas," kata Mahmudi.

Pihaknya berharap, anak seusia pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) yang dapat BSA Kemensos bisa mendapatkan asupan makanan bergizi serta sarana dan prasarana sekolah semakin pantas dan layak.

"Dalam kesempatan ini kita juga mengadakan Gebyar Temu Penguatan Anak dan Keluarga se-Bantul, ini merupakan program baru di Bantul sebagai pancingan dengan harapan dari Kemensos juga mengembangkan," katanya.

(KR-HRI)