UAD wisuda lulusan berprestasi internasional

id UAD

UAD wisuda lulusan berprestasi internasional

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta (Foto Istimewa)

     Yogyakarta (Antara) - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta pada wisuda periode November 2016 meluluskan 936 wisudawan dan seorang di antaranya memiliki prestasi internasional.
     "Wisudawan itu Muhammad Iqwan Sanjani. Tulisannya pernah dimuat dalam jurnal internasional 'People: International Journal of Social Science', dengan topik utama 'Critical Discourse Analysis'," kata Rektor UAD Dr Kasiyarno MHum di Yogyakarta, Sabtu.
     Pada upacara wisuda lulusan UAD periode November 2016 di Jogja Expo Center (JEC), Kasiyarno mengatakan Iqwan juga merupakan peraih peringkat ketiga indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi.
     "Iqwan merupakan lulusan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Prestasi tingkat dunia yang ditorehkan wisudawan itu sungguh membanggakan," kata Kasiyarno yang juga Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) DIY.
     Muhammad Iqwan Sanjani mengatakan pada jurnal tersebut dirinya menganalisis apakah terdapat muatan agama yang condong ke agama tertentu dalam buku pelajaran atau "textbook" bahasa Inggris yang diterbitkan pemerintah.
     "Tulisan yang sama juga saya presentasikan dalam sebuah konferensi internasional di Malaysia," kata Iqwan.
     Menurut dia beberapa prestasi internasional pernah diraihnya antara lain juara pertama "Global Youth Entrepreneurship Summit Case Competition 2015" di NUS Singapura.
     Selain itu presentasi karya ilmiah pada "International Conference on Education Teaching and Learning 2016" di Malaysia dan beberapa presentasi karya ilmiah di berbagai forum internasional seperti di Jepang.
     Sebanyak 936 wisudawan yang diwisuda Rektor UAD Kasiyarno itu berasal dari 30 program studi S-1 dan enam program studi S-2. Dengan demikian, jumlah alumni UAD sampai saat ini tercatat sebanyak 38.828 orang.
     Wisudawan S-1 dengan kelulusan tercepat dengan masa studi 3 tahun 6 bulan 11 hari diraih wisudawan dari Program Studi Ilmu Hukum Fahmi Arif dengan IPK 3,95 sekaligus lulusan dengan IPK tertinggi.

(B015)
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024