Gunung Kidul targetkan Rusunawa Karangrejek segera beroperasi

id Rusunawa

Gunung Kidul targetkan Rusunawa Karangrejek segera beroperasi

Ilistrawi, Rusunawa (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan pengoprasian Rumah susun sewa sederhana atau Rusunawa Karangrejek, Wonosari pada akhir 2016 dengan sasaran masyarakat kurang mampu.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunung Kidul Bambang Antono di Gunung Kidul, Jumat, mengatakan pihaknya melakukan koordinasi terkait pemanfaatan rusunawa, terkait payung hukum yang digunakan untuk landasan pengoprasian rusunawa yang dibangun pemerintah pusat.

"Payung hukum itu peraturan bupati (Perbub). Berkaca dari pengalaman kasus terdahulu, kami tidak mau mengambil risiko. Untuk itu, kami menunggu perbub untuk pengelolaanya," kata Bambang.

Saat ini, kata Bambang, pihaknya masih dalam upaya penyelesaian perbub tersebut. Saat ini, pemerintah kabupaten sudah melakukan pendatangan Pemerintah DIY dan pemerintah pusat.

"Kami sedang menyelesaikan perbub tersebut," katanya.

Bambang mengatakan, nantinya, pemerintah pusat ?akan melakukan pengecekan terhadap kondisi bangunan hingga melakukan pembenahan-pembenahan terhadap fasilitas yang dinilai belum sempurna.

"Semoga secepatnya diselesaikan untuk menyelesaiakan, dan harapannya pada akhir tahun semua selesai sehingga bisa digunakan," katanya.

Ia mengayakan fasilitas rusunawa yang terdiri dari dua tower ini, lantai bawah untuk penyandang disabilitas.

"Pada perencanaan sudah meyediakan tempat untuk difabel yang terletak di lantai pertama," katanya.

Ketua DPRD Gunung Kidul Suharno berharap pemerintah daerah segera menyelesaikan payung hukum sehingga masyarakat bisa menggunakan faslitas yang dibangun pemerintah pusat tersebut.

"Jangan sampai digunakan untuk warga kategori mampu mendapatkan jatah di rusunawa," katanya. ***4***

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024