Minat peserta MTQ di Sleman meningkat

id Minat peserta MTQ di Sleman meningkat

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa) (istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Minat para peserta MTQ tingkat Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 2016 meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tercatat pada tahun ini jumlah peserta mencapai 483 kafilah dan ofisial dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Sleman," kata Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Sleman Hery Sutopo pada Pembukaan MTQ Kabupaten Sleman berpusat di Pendopo Kantor Kecamatan Seyegan, Sabtu.

Menurut dia, jumlah peserta tersebut meningkat sekitar 20 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Dengan peningkatan peserta ini diharapkan dapat memberikan motivasi pada calon qori dan qoriah dalam rangka meningkatkan kualitas membaca dan menghafal Alquran serta menggali potensi qori-qoriah Kabupaten Sleman untuk mengikuti MTQ di tingkat yang lebih tinggi," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo yang hadir membuka lomba tersebut menyampaikan keprihatinannya terhadap perilaku dan akhlak generasi muda saat ini.

"Kasus tindakan kriminal yang melibatkan remaja pria maupun perempuan, anarkisme, seks bebas, sampai dengan penyalahgunaan narkoba sering menjadi sorotan diberbagai media," katanya.

Ia mengatakan, dari kejadian-kejadian tersebut, tentunya menggugah kesadaran bersama untuk menekankan kembali ajaran Alquran terutama di kalangan generai muda.

"Nilai-nilai Alquran diharapkan bisa menjadi dasar pembangunan karakter generasi muda," katanya.

Sri Purnomo berharap melalui ajang MTQ tersebut diharapkan dapat menjadi sarana internalisasi nilai-nilai luhur Alquran di kalangan generasi muda.

"Penyelenggaraan MTQ ini merupakan salah satu bentuk pembinaan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan ibadah umat Islam khususnya generasi muda, dalam membaca, memahami dan menghayati Kitab Suci Alquran" katanya.

Ia berharap pelaksanaan MTQ tidak berhenti hanya sebatas sebagai proses seleksi qori-qoriah, namun juga dapat dijadikan ajang pengembangan kepribadian dan karakter untuk membentuk generasi Qurani.



(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar