Pemkab Gunung Kidul perbaiki sejumlah jalan ambles

id jalan

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Gunung Kidul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memperbaiki sejumlah jalan ambles di Kecamatan Ngawen dan Ponjong agar masyarakat bisa melakukan aktivitas kembali.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gunung Kidul Edy Praptono di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan dari informasi ada dua jalan kabupaten yang rusak akibat pergerakan tanah.

Jalan rusak itu meliputi jalur di Dusun Jono, Desa Tancep, Kecamatan Ngawen, dan satu jalan lain merupakan penghubung antara Kecamatan Ponjong-Semin yang berada di Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong.

"Akibat kerusakan ini, akses jalan tidak bisa digunakan untuk sementara waktu," katanya.

Saat ini pihaknya tengah melakukan survei lokasi untuk mengetahui estimasi biaya yang digunakan untuk memperbaiki kedua ruas jalan tersebyut.

"Saat ini tim sedang turun ke lapangan, agar mengetahui seperti apa kerusakannya, dan penanganannya hingga estimasi biaya yang akan dikeluarkan," katanya.

Edy mengungkapkan perbaikan kedua jalan tersebut nantinya akan menggunakan anggaran yang masih tersedia. Sehingga harapannya bisa secepatnya diperbaiki.

"Kami masih ada anggaran swakelola yang bisa digunakan. Akses jalan itu harus segera diperbaiki," katanya.

Sementara itu, Camat Ngawen Barji mengatakan kerusakan jalur di Dusun Jono, Desa Tancep, Kecamatan Ngawen terjadi sejak Sabtu (26/11) ketika hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Hingga akhirnya pada Selasa (29/11) pagi tanah terebut ambles dengan kedalaman satu meter dengan panjang sekitar 50 meter.

"Sabtu kemarin hanya sekitar 30 cm tetapi terus melebar akhirnya tidak bisa dilewati," katanya.

Ia mengatakan sudah melaporkan kejadian ini ke DPU, dan berharap segera diperbaiki. "Kasihan masyarakat jika dibiarkan terus tanpa diperbaiki," katanya.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar