PLN minta masyarakat laporkan potensi gangguan jaringan

id PLN, gangguan jaringan

PLN minta masyarakat laporkan potensi gangguan jaringan

Ilustrasi jaringan kabel listrik PLN (Foto antaranews.com)

Yogyakarta, 1/12 (Antara) - Perseroan Terbatas Perusahaan Listrik Negara Area Yogyakarta meminta masyarakat melaporkan potensi gangguan jaringan listrik yang disebabkan pohon tumbang selama musim hujan.

"Kami minta bantuan masyarakat berpartisipasi jika mengetahui pohon sudah terlalu dekat dengan jaringan listrik di sekitar rumah atau lingkungannya agar melapor ke PLN," kata Kepala Bagian Humas PT PLN (Persero) Area Yogyakarta Paulus Kardiman di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, PLN telah menentukan jarak aman gangguan 2,5 meter dari jaringan atau kabel listrik. Apabila pohon telah melebihi batas jarak gangguan tersebut, maka bisa dipotong.

"Jarak aman gangguan jaringan memang harus kita jaga bersama-sama agar tidak mengganggu pasokan listrik," kata dia.

Apabila masyarakat merasa kesulitan melakukan pemangkasan secara mandiri, menurut Kardiman, mereka cukup menghubungi PLN. "Petugas di lapangan akan datang membantu pemangkasan. Jika perlu, akan kami lakukan pemadaman sementara," kata dia.

Kardiman mengatakan pihaknya kerap mengalami kendala di lapangan karena banyak masyarakat menolak pemangkasan pohon dengan alasan untuk perindang.

"Jika pohon itu milik individu memang kami hanya bisa mengimbau karena ada yang menganggap pohon sebagai aset atau tabungan," kata dia.

Kardiman mengatakan untuk meminimalisasi gangguan jaringan listrik selama musim hujan petugas PLN mengintensifkan inspeksi untuk memastikan keamanan seluruh jaringan distribusi listrik.

"Namun kami tidak dapat menjamin listrik seratus persen tidak padam ketika terjadi gangguan eksternal yang disebabkan bencana atau cuaca," kata dia.

Ia menyebutkan saat ini kemampuan pasokan daya listrik PLN untuk wilayah DIY per hari mencapai 624 megawatt. Sementara itu, total pemakaian daya listrik masyarakat di siang hari rata-rata mencapai 379,4 megawatt dan pemakaian pada malam hari mencapai 383,18 megawatt. ***1***
Pewarta :
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024