Gunung Kidul alokasikan Rp120 juta untuk Geopark Gunungsewu

id gunung kidul

Gunung Kidul alokasikan Rp120 juta untuk Geopark Gunungsewu

logo Pemkab Gunung Kidul (foto istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Dinas Pariwisata mengalokasikan dana Rp120 juta untuk mendukung acara Symphony Orchestra Geopark Night Specta di Gunungsewu, Kabupaten Gunungkidul,  Rabu (7/12).

"Kami siapkan dana Rp120 juta untuk mendukung acara Symphony Orchestra Geopark Night Specta "Menjemput Impian Mendunia" di daerah Nglanggeran, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (7/12) mendatang," ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta, Senin.

Menurut dia, kegiatan Geopark Night Specta itu merupakan kolaborasi berbagai pihak dengan menghadirkan Kla Project.

Tujuannya, kata dia, untuk mensosialisasikan kepada masyarakat dan juga kepada stakeholders kepariwisataan, bahwa di Gunungkidul ada situs yang sudah masuk daftar Unesco.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk mempromosikan Geopark Gunungsewu yang sudah menjadi global geopark network kepada seluruh dunia melalui berbagai moment nasional dan internasional.

"Agar menjadi perhatian dunia, maka kegiatan tersebut diadakan. Agar upaya promosi bisa berjalan optimal," terang dia.

Ia menjelaskan, bahwa posisi Geopark Gunungsewu terletak diantara tiga daerah dari tiga provinsi yaitu di Gunungkidul DIY, Wonogiri Jawa Tengah dan Pacitan Jawa Timur.

"Dengan kolaborasi dari tiga provinsi tersebut, kami harapkan bisa semakin memeriahkan kegiatan Symphony Orchestra Gunungsewu World Class Geopark Night Specta, untuk menjalankan program Bringing the World to Yogyakarta, and bringing Yogyakarta to the world," papar dia.

Aris menambahkan, kegiatan tersebut akan dimeriahkan penampilan dari Kla Project dengan bintang utamanya Katon Bagaskara. Bertempat di Parkir Embung Nglanggeran, Gunungkidul, mulai pukul 19.00 WIB. Diisi oleh Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta Orchestra, Mantradisi Ethno Music, dan Talang Kencana Colosal Dance. Acara tersebut gratis untuk umum. 
KR-RHN
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024